MY MOTORCYCLE IS CB150R


MOTORKU CB150R  - Sudah pada tahu belum, Perusahaan motor Honda telah mengeluarkan varian motor barunya?  Saya harap belum pada tahu, supaya informasi yang disampaikan disini sangat bermanfaat bagi pengunjung dan membantu saya meramaikan gubug (red-blog) saya. 
Ada sebuah kata mutiara dari seseorang yang sangat aku kagumi (red - Rasulullah Saw) sob, "...sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain." dan "Orang yang paling dicintai Allah Ta'ala adalah mereka yang paling bermanfaat bagi orang lain...".
Katanya (red-informasi yang saya baca), motor ini menggabungkan desain gaya terbaru, performa tertinggi di kelasnya dan fitur canggih terkini. Hal yang menjadikan Honda ini memiliki performa tertinggi (NB-dikelasnya), akselerasi optimal, kestabilan maksimum, hemat bahan bakar dan ramah lingkungannya ini terletak pada sebuah rangkaian yang digunakan di dalamnya, yaitu penggunaan mesin CBR150R (150cc, 4-langkah, DOHC, 4-katup, 6-kecepatan, berpendingin cairan dan teknologi PGM-Fi, dan rangka tipe diamond. Secara umum, hal tersebut yang menonjol dalam varian Honda ini dibanding dengan yang lain. Sekarang, yang menjadi pertanyaannya adalah, artinya apa sih dari 150cc, 4-langkah, DOHC, 4-katup, 6-kecepatan dan teknologi PGM-Fi? Berhubung saya juga belum tahu, mari kita sama-sama cari tahu dari literatur yang ada. 

150cc
Berdasarkan dari new.bisnis.com, "CC" merupakan kependekan dari cubical centimeter (cm3, sentimeter pangkat 3). Jadi "CC" adalah kapasitas mesin dari kerja piston di dalam silinder mesin pembakaran dalam satuan cm3. Ada beberapa literatur yang menyebutkan, kapasitas mesin merupakan volume seluruh piston dalam silinder mesin yang diukur berdasarkan gerakan maksimum dari atas ke bawah. Semakin besar CC kendaraan, tenaga yang dihasilkan pun semakin besar. Berarti 150cc itu artinya, motor honda varian ini memiliki kapasitas mesin 150cm3.

4-Langkah
Masyarakat umum sering menyebutnya 4 tak. 
Mesin empat tak adalah mesin pembakaran dalam, yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Sekarang ini, mesin pembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah. Empat langkah tersebut meliputi langkah hisap (pemasukan), kompresi, tenaga dan langkah buang. Yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol (crankshaft) per satu siklus pada mesin bensin atau mesin diesel. (id.wikipedia.org)
DOHC
DOHC merupakan kependekan dari Double Over Heat Chamshaft.
Double Over Heat Chamshaft adalah konfigurasi mesin yang menggunakan dua poros bubungan untuk mengontrol katup satu untuk katup pipa masuk dan satu lagi untuk katup buang. DOHC menghemat parts, juga meningkatkan efisiensi dan mengurangi kebisingan. Dengan lebih sedikit komponen artinya mengurangi gesekan. Mesin pun bisa bekerja pada rpm tinggi dan menghasilkan tenaga lebih besar. (otosia.com)
Teknologi DOHC ini memiliki dua Camshaft atau noken as tiap silindernya dan terdiri dari 4 katup, yaitu 2 katup isap dan 2 katup buang, masing-masing katup. Kelebihan dari penggunaan DOHC sendiri adalah mempunyai tenaga yang besar karena mendapat bayak suplai udara dan bahan bakar. Selain itu dengan penggunaan DOHC, memiliki suara yang lebih halus dan performa mesin yang baik karena masing-masing noken as memiliki fungsi berbeda untuk katup hisap dan katup buang. (oto-id.com)
4-Katup
Menurut otosia.com, katup adalah sesuatu yang terletak di atas blok silinder dan berguna untuk mengatur aliran gas buang baik keluar maupun ke dalam ruang pembakaran akibat tekanan piston.

6-Kecepatan
Maksud dari 6 kecepatan disini adalah 6 gigi/ transmisi/ presneling. Jadi Honda CB150R ini memiliki 6 transmisi. 

PGM-Fi
Sebuah teknologi terkini pada sebuah mesin. Teknologi PGM-Fi dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen mesin secara akurat sesuai dengan kebutuhan mesin pada setiap keadaan. 
Sistem injeksi ini mengandalkan peran berbagai komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat kontrol mesin ECM (Engine Control Module), yang kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga maksimal secara efisien dengan emisi yang ramah lingkungan. (Merdeka.com)
Keren bukan teknologi dan komponen-komponen penyusun motor ini?! Motor ini diberi nama oleh Honda, CB150R. Memang motor, canggih, irit, advance, CB150R Streetfire.  Harga dari CB150R ini berkisar antara 22 juta hingga 23 juta. 

Pasti pada penasaran dengan penampakannya. Silakan dipilih bagi yang berminat!


CB150R


Informasi secara spesifik silakan berselancar kesini www.welovehonda.com/cb150rstreetfire
.

Bagi yang belum tahu semoga apa yang disampaikan disini menambah informasi seputar otomotif Indonesia.


MOTORKU CB150R

Categories: ,

4 komentar

Cool Bro

Komen balik ya http://martunisakbarhalik.blogspot.com/2013/12/si-motor-canggih-irit-dan-advance.html

@Martunis akbar Terima kasih atas kunjungannya=)

mantap gan. sukses yak..silahkan mampir juga kemari
http://mhdharis.wordpress.com/2013/12/15/honda-cb150r-streetfire-berawal-dari-mimpi-hingga-berhasil-dimiliki/

@mhdharis Oke, semoga kita sama-sama sukses. Terima kasih sudah mampir ke gubug ane.

Komentar akan OTOMATIS DIHAPUS jika memberikan komentar mengandung iklan, link aktif, dan perkataan yang tidak sopan. Terima Kasih ^_^