« »

Aku hanyalah manusia
Insan biasa yang serba kekurangan
Aku manusia tiada sempurna
Kau sahabatku setialah


Walau kadang tak sejalan
Kau sahabatku setialah
Walau kadang berbeda dijiwa
Aku tak sempurna seperti nabiyalloh nabi Muhammad
Aku tak setaqwa nabiyalloh Ibrahim
Aku tidak semulia nabiyalloh Ismail
Aku tidak setampan seperti nabiyalloh nabi Yusuf
Ku tak setabah nabiyalloh nabi Ayub
Aku tidak segagah nabiyalloh nabi Musa
Setialah 


Oleh : 
Satu Dunia
Hawari
liriknasyid.com 
Read More …
Categories: ,
ARTI KENTUT MENURUT GURU DAN KEPALA SEKOLAH - Ketika rapat Guru dengan Kepala Sekolah sedang berlangsung, tiba-tiba terdengar suara angin yang dibarengi aroma tidak sedap. Guru yang lain pun mengomentari.

Guru Matematika: "Sesuatu yang tidak bisa dikali namun baunya bisa dibagi-bagi."

Guru Kesenian: "Bunyi nadanya terletak pada kunci K."

Guru Fisika: "Inilah yang di sebut inner power, tenaga yang di gunakan kecil namun hasilnya luar biasa."

Guru Biologi: "Inilah ciri makhluk hidup melanjutkan hidupnya."

Guru Agama: "Ini salah satu penyebab batalnya wudhu dan shalat."

Guru Geografi: "Posisi keberadaannya mengikuti arah mata angin."

Guru Sosiolog: "Perilaku menyimpang pada sikap manusia."

Guru Sejarah: "Salah satu penyebab terjadinyaperang mulut."

Guru Bahasa: "Kalimat bisa di tulis namun aromanya tak bisa di ungkapkan dengan kata-kata."

Kepala Sekolah: "Saya yang kentut! Kenapa?! Masalah buat kalian ?!"


Sumber: Tetangga Sebelah
Read More …
Categories: ,

THREE MINUTES IN LONG NIGHT


TIGA MENIT DIMALAM PANJANGIni adalah kisahku. Menaruh hati diam-diam pada seorang lelaki taat yang selalu membuat hari-hariku menjadi indah dan berwarna. Sayangnya, sama sekali tak ada keberanian yang aku tunjukkan untuk mengungkapkan rasa itu. Aku selalu merasa puas dengan apa yang kulakukan. Melihatnya dari jauh dan mendoakannya selama tiga menit dalam malam panjangku.

"Tiga menit dalam empat tahun. Bukankah itu waktu yang lama? Tidak, itu bukan waktu yang lama, tetapi waktu yang tepat bagi-Nya untuk mempersatukan aku dengan lelaki yang kucintai diam-diam."

Aku masih menyimpan rasaku diam-diam kepadanya. Hingga tahun kedua aku bisa melihatnya tampak semakin dewasa. Sedangkan aku masih saja takut-takut melihatnya. Namun, kau tahu satu yang pasti? Aku masih mendoakannya dalam malam-malam panjangku. Tiga menit untuknya. Kubisikkan diam dan dalam. Sungguh, ketaatannya pada agama membuatku sangat tertarik padanya. Satu lagi yang pasti, aku berharap semoga ia belum berpasangan dengan wanita manapun.

Kini, sudah tahun keempat aku melihatnya. Tak pernah ada tegur sapa di antara kita, kecuali sapaan senyum jika saling berpapasan. Sungguh, aku selalu deg-degan setiap kali mendapatkan senyuman yang kurasa maut itu.

Hingga, ia datang dengan wajah berseri, menyampaikan satu niatan besar dalam hidupnya. Saat itu, usai sholat dhuhur, aku tengah melipat mukena, tak menyadari kehadirannya sama sekali.

"Aku ingin kau menjadi makmumku."

Bengong. Ya, ekspresiku saat itu hanya bengong, kaget, campur tak percaya. Kau tahu betapa menegangkannya dilamar dalam keadaan tak siap. Lalu, sejurus kemudian ia mengangguk mantap seraya tersenyum lebar.

"Aku percaya dan yakin, kau bisa menjadi ibu dari anak-anakku kelak."

Yaa Allah... aku benar-benar speechless mendengarnya. Bayangkan saja, doa tiga menitku ternyata dikabulkan. Tiga menit dalam empat tahun. Bukankah itu waktu yang lama? Tidak, itu bukan waktu yang lama, tetapi waktu yang tepat bagi-Nya untuk mempersatukan aku dengan lelaki yang kucintai diam-diam.


Sumber: Tetangga Sebelah
Read More …
Categories:
Ketika Pagi Hari Istrinya Berdandan dan Bersolek
Memakai Bedak Yang Mahal
Memakai Lipstik Yang Warnanya Mengkilat
Memakai Pakain Yang Paling Bagus


Memakai Sepatu Hak Tinggi
Eeehh… Ternyata Istrinya Berdandan Karena Bekerja Di Luar Rumah
Ketika Istrinya Dah Terlihat Cantik, Yang Ngelihat Malah Orang-orang Di Jalan
Trus Teman-teman Kerjanya

Ketika Sore Hari dah Pulang Kerja
Jalannya sempoyongan Karena Capek
Mukanya Kusut, Rambutnya Acak-acakan
Pokoknya dah gak terlihat Cantik Dech…
Eeehhh.. Baru Dech Di Liatin Ke Suaminya

Kasihan Sekali Engkau Wahai Suami,
Kecantikan Istrimu Ternyata Untuk Dilihat Orang Lain
Tapi Bukan Untukmu… 


Sumber: Tetangga Sebelah
Read More …
Categories: ,
DIALOG UANG DALAM KOTAK AMAL“Asyik… Asyik… aku masuk ke dalam kotak amal.” Goci berteriak senang.

Ia pun langsung berbaur dengan uang-uang lainnya, ada si Sebi (seribu), si Gopi (lima ratus), si Sepu (Sepuluh ribu), si Dopu (dua puluh ribu), si Limbu (lima puluh ribu) dan si Sertu (seratus ribu).

“Hai kawan-kawan. Senangnya bertemu dengan kalian di sini. Semoga kita bisa menjadi saksi dari orang-orang yang menaruh kita ke dalam kotak amal ini.” Goci menyapa semua uang di dalam kotak amal bening itu.

Semua uang tersenyum menyambut kedatangan si Goci.

Kotak amal bening yang berada di Masjid Akbar, senantiasa menjadi pemandangan umum para jamaah yang hilir mudik hendak melaksanakan shalat. Keberadaannya di depan pintu masjid sangat strategis, tidak jarang orang-orang dengan senangnya “menitipkan” uangnya ke dalam kotak amal. Tapi ada juga yang enggan atau pura-pura tidak melihat bahwa di depannya ada kotak amal.

Dan hari ini adalah hari bersejarah bagi Goci. Bukan karena nilainya yang termasuk besar yang ada di dalam kotak amal. Tapi karena si pemilik Goci sebelumnya yang ia tahu bukanlah orang yang tergolong mampu. Hanya si bapak tukang sapu jalanan. Goci sempat melirik wajah bapak itu sebelum memasukkan Goci ke dalam kotak amal. Tersirat keikhlasan dalam wajah lugunya. Goci sempat mendengar gumaman bapak itu, “Ya Allah, terimalah sedekahku untuk rumah-Mu, semoga uang ini bisa bermanfaat.”

Sebelum berada di kotak amal dan milik si bapak tukang sapu jalanan, Goci adalah milik orang kaya yang memberikan Goci pada bapak tukang sapu jalanan. Sebagai imbalan karena telah membantu menyapu halaman rumahnya, alasan orang kaya itu memberi.

Dan kejadian itu belum berlangsung lama. Hanya sekitar dua puluh menit sebelum Goci di masukkan ke dalam kotak amal, beberapa saat sebelum azan Ashar berkumandang. Tapi bapak tukang sapu jalanan itu merasa bahwa uang yang di dapat hari ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dirinya bersama istri dan keempat anaknya yang masih kecil, maka Goci pun langsung berpindah ke kotak amal.

Goci amat terharu. Ia bisa menjadi tabungan kebaikan bagi bapak tukang sapu jalanan. Nilai yang biasanya hanya di berikan dari kantong orang-orang kaya. Tapi kali ini bukan orang kaya yang memasukkan Goci ke kotak amal, hanya orang biasa. Yang mungkin karena ketulusannya bisa menjadi istimewa di hadapan Allah.

Goci ingat. Ketika pemiliknya masih orang kaya, ia berada di dompet pemiliknya dalam waktu lama. Justru yang sering keluar dari dompet adalah si Limbu dan si Sertu. Itupun yang Goci tahu, kawannya itu meninggalkan dompet pemiliknya tatkala Goci dan kawan-kawan berada di pusat perbelanjaan mewah.

Pernah suatu kali, pemiliknya itu pergi ke Masjid Akbar. Saat itu, ia hendak melaksanakan shalat Zhuhur sehabis makan siang. Seusai shalat ia melirik ada kotak amal bening. Sempat berfikir lama, akhirnya ia merogoh kantong dan menemukan si Sebi. Dan masuklah si Sebi ke kotak amal itu sebagai penghuni.

Meski Goci dan Sebi pernah di miliki oleh orang yang sama sebelumnya, tapi mereka belum pernah berjumpa. Mereka sadar bahwa mereka pernah di miliki oleh orang yang sama justru ketika mereka berjumpa dalam kotak amal, saat mereka berbagi cerita.

“Mungkin karena aku hanya berada di kantong celana sedangkan kau di dompet, jadinya kita tidak pernah bertemu.” Sebi memberikan penjelasan kepada Goci.

“Alhamdulillah kita bertemu di sini ya Sebi. Padahal aku berharap yang memasukkanku ke dalam kotak amal adalah orang kaya itu.” Goci pun menerawang.

“Tidak apa Goci, justru kamu akan menjadi lebih bernilai nanti di akhirat. Karena jumlahmu yang termasuk besar bagi bapak tukang sapu jalanan, tapi tidak menghalanginya untuk memberi yang terbaik untuk agamanya….” Si Limbu dengan bijak menghibur Goci.

“… Karena setahuku, jika yang memberikanmu adalah orang kaya itu akan berbeda nilai dalam pandangan Allah.” Limbu menambahkan.

“Loh, emang kenapa? Bukankah Allah hanya melihat keikhlasan hambaNya dalam memberi?” Tanya Gopi penasaran.

“Memang benar, keikhlasan adalah yang utama. Tapi di samping itu bagi orang kaya, Goci mungkin tidak seberapa berharga dan orang kaya itu pasti punya banyak uang senilai Goci bahkan yang nilainya jauh lebih besar. Tapi bagi yang tidak mampu, mungkin Goci bisa jarang ia temui. Atau bahkan jika punya pun pasti sangat berharga untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.” Ujar Limbu.

“…. Makanya Allah menilai usaha orang yang tidak mampu, lebih besar ketika beramal dengan jumlah yang sama dengan apa yang di berikan oleh orang kaya. Karena alasan tersebut.” Sertu menambahkan penjelasan dari Limbu.

“Benar… benar… benar.” Dopi dan Gopi tersenyum.

“Iya kawan-kawan. Mungkin jumlahku termasuk kecil bagi orang kaya, tapi ternyata tidak semua orang kaya mau memasukkanku ke dalam sini.” Goci terlihat senang.

“Siapapun yang memasukkan kita ke dalam kotak amal ini, semoga hanya dilandasi keikhlasan karena Allah, bukan karena ingin di lihat atau terpaksa.” Kata Sebi.

“Aamiin.” Uang itu serempak berucap.

Dan di sore nan sejuk itu, angin mengiringi langkah si bapak tukang sapu jalanan menyisir setiap jalan di ibu kota dan membersihkannya dari sampah-sampah. Dan uang-uang di kotak amal itu melantunkan doa terbaiknya untuk si bapak.

“Secara fisik bapak itu terlihat miskin, namun hatinya sangat kaya. Ia adalah orang kaya sesungguhnya.” Goci berucap lirih.

Rasulullah saw bersabda, “Satu dirham bisa mengalahkan seratus ribu dirham. Seseorang bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana mungkin satu dirham bisa mengalahkan seratus ribu dirham?” Beliau menjawab, “Ada seseorang yang memiliki dua dirham, lalu mengambil salah satu darinya dan menyedekahkannya. Yang lain, memiliki banyak harta, lalu mengambil darinya seratus ribu dirham saja.” (HR. Ahmad)


Sumber: Tetangga sebelah
Read More …
Categories: ,

Matakuliah ini membahas sumber dan jenis-jenis bahan pangan nabati dan hewani; struktur fisik; komposisi kimia/gizi dan perubahan kimia/biokimia pasca panen dari setiap kelompok bahan pangan.


Handout untuk Ujian Akhir Semester












Read More …
Categories: ,


Matakuliah ini mempelajari desain penelitian anak; pengembangan instrumen perkembangan anak mencakup psikomotorik, kognitif, bahasa, sosial emosi, dan karakter; serta teknik pengumpulan data.


Handout untuk Ujian Akhir Semester










Read More …
Categories: ,


Matakuliah ini mempelajari sejarah, pengertian, dan tujuan konseling keluarga; masalah dan pola konflik dalam keluarga (antar pasangan, antar orangtua-anak, antar anak, dan antar generasi); jenis, metode, dan teknik konseling serta bimbingan keluarga.


Handout untuk Ujian Akhir Semester











Read More …
Categories: ,

Matakuliah mempelajari pentingnya kajian ketahanan keluarga (dampak perubahan sosial dan ekonomi terhadap kehidupan keluarga), komponen ketahanan keluarga, tipologi keluarga, pengembangan ukuran ketahanan keluarga; serta upaya peningkatan ketahanan keluarga melalui pemberdayaan keluarga.


Handout untuk Ujian Akhir Semester












Read More …
Categories: ,

HOW TO MEMORIZE THE AL QUR'AN

CARA MENJAGA HAFALAN AL QUR'AN: TEORI BETERNAK ONTABanyak yang bertanya, "Bagaimana sih caranya menjaga hafalan Al Qur'an? kok yang sudah dihafal sering lupa ya?"

Sahabat yang budiman, sebenarnya teori menjaga hafalan Al Qur'an itu sederhana saja, yaitu dengan sering diulang-ulang (murajaah). Kenapa lupa? yaa...karena jarang diulang. Coba kalo sering diulang, pasti tetap terjaga. Yang sering lupa, pasti jarang/tidak murajaah? Betul apa betul? 

Ya, cukup diulang-ulang aja. Insya Allah hafalan jadi lancar. Jadi inget tausyiah dari seorang Ustadz, "Menghafal Qur'an itu tidak perlu cerdas, yang penting rajin dan istiqomah". Justru dengan menghafal Al Qur'an orang bisa jadi cerdas.


Tapi untuk yang memiliki hafalan Qur'an yang cukup banyak, perlu 'manajemen pengulangan' tersendiri untuk menjaga hafalannya. Saya namakan manajemen ini dengan "Teori Beternak Onta".

Sahabat, tidak berlebihan jika aktivitas menghafal Qur'an itu dianalogikan seperti beternak onta. Soalnya Rasulullah saw pernah bersabda,

“Jagalah Al-Qur’an, demi Yang jiwaku berada di tangan-Nya, Al-Qur’an itu lebih cepat lepas dari pada seekor onta dari ikatannya” (H.R. Bukhari)

Teori ini pun terinspirasi dari hadits di atas... :)
CARA MENJAGA HAFALAN AL QUR'AN: TEORI BETERNAK ONTA
Sumber Gambar: Google Image
Jadi begini, orang yang menghafal Qur'an itu seperti orang yang beternak onta. Orang yang sedang berburu onta seperti orang yang sedang ngapalin Al Qur'an. Orang yang sudah nangkep onta seperti orang yang sudah hafal, sedangkan orang yang sedang memelihara onta itu seperti orang yang menjaga hafalannya. Masalahnya, tidak semua onta jinak (iya gak sih? saya bukan tukang onta soalnya, kalau salah mohon maaf ya...:p). Tapi kita asumsiin aja: Unta itu ada 3 jenis: liar, ada yang setengah liar, ada yang jinak. Begitupun hafalan, ada yang lemah, agak kuat, dan sangat kuat (ngelotok, kalo istilah orang Betawi)

Sekarang kita analogiin lagi, hafalan yang lemah itu seperti onta liar, yang maunya kabur terus... (kabur dari ingatan) hafalan yang agak kuat itu seperti onta setengah liar, kadang mau kabur, kadang engga.

Hafalan yang kuat itu ibarat onta jinak, yg justru lebih suka sama pemeliharanya.  Hafalan lemah itu biasanya berupa hafalan-hafalan yang baru saja dihafal, seminggu yang lalu, misalnya. Hafalan yang baru dihafal ini rentan lupa. Semakin baru hafalan, semakin mudah lupa, biasanya.

Nah...strateginya, sebagaimana dalam beternak onta, seharusnya kita lebih fokus dalam mengurus 'Onta-onta liar'. Karena onta liar lebih mungkin untuk kabur dibanding yang jinak. Begitupun dalam menjaga hafalan, rumusnya adalah..."Utamakan hafalan-hafalan yang masih lemah". Aplikasinya..., "Hafalan yang lemah harus lebih banyak diulang daripada halafan yang kuat".

Soalnya, banyak penghafal Qur'an yang sukanya murajaah hafalan2nya yang sudah kuat saja, sedangkan hafalannya yang lemah jarang diulang2. Akhirnya...yang hafalannya yang kuat tambah kuat, yang lemah tambah lemah.

Walaupun demikian, bukan berarti hafalan yang sudah kuat tidak diurus. Harus diulang-ulang juga. seperti onta yang sudah jinak, dia juga tetap perlu diberi perhatian, walaupun tidak seintensif onta yang bermasalah (liar).

Idealnya, untuk onta liar, harus diurus minimal setiap 3 hari sekali. Setiap 3 hari, hafalan lemah harus diulang minimal sekali. Kalo misalnya hafalannya 3 surat dan masih lemah semua, maka murajaahnya sehari 1 surat.

Untuk onta setengah liar, harus diurus minimal setiap seminggu sekali. Setiap seminggu, hafalan agak kuat harus diulang minimal sekali. Misalnya, kalo hafalannya yang agak kuat ada 7 surat, maka murajaahnya sehari 1 surat.

Sedangkan untuk onta jinak (hafalan ngelotok), boleh ditinggal agak lama. Tapi jangan kelamaan, minimal dalam sebulan keulang minimal sekali.

Sebagai contoh, misalnya ada orang punya hafalan Al Qur'an 40 surat. 30 surat diantaranya hafalan kuat, 7 hafalan agak kuat, dan 3 lemah. Maka murajaahnya hariannya: 1 surat hafalan kuat, 1 surat hafalan agak kuat, dan 1 surat hafalan lemah. Dengan cara ini, hafalan kuat akan terulang sekali sebulan, hafalan agak kuat seminggu sekali, dan hafalan lemah 3 hari sekali.

Nah... kemudian, biarkan onta-onta itu tumbuh sehat, supaya bisa beranak-pinak, bisa diambil susunya, bisa dipakai sebagai kendaraan, dan diambil dagingnya buat makanan. Maksudnya, rawatlah hafalan kita, insya Allah hafalan kita akan bertambah banyak dan memberikan manfaatnya buat kita juga, insya Allah...


Sumber: Khalifah Muhammad Ali


Read More …
Categories: ,

10 TIPS FOR EFECTIVE STUDY


SEPULUH CARA BELAJAR EFEKTIF  SAAT MAU UAS - Pengen tahu bagaimana cara belajar efektif sat mau ujian? Silakan dibaca sedikit tips yang semoga cocok dengan para pembaca.

1. Pilih Waktu Belajar yang Tepat
Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar yang sama. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

2. Bangun Suasana Belajar Yang Nyaman
Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

 3. Kembangkan Materi Yang Sudah di Pelajari
Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis

4. Mencatat Pokok-Pokok Pelajaran
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

5. Membaca Adalah Kunci Belajar
Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

 6. Belajar Itu Memahami Bukan Sekedar Menghapal
Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.

7. Hapalkan Kata-Kata Kunci
Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

 8. Kembangkan Materi Yang Sudah di Pelajari
Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

 9. Latih Sendiri Kemampuan Kita
Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.

10. Sediakan Waktu Untuk Istirahat
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur, tak perlu detail, berarti kita sudah paham.

Sumber:Teman sebelah
[Motivasi Diri menjelang UAS Semester 5]


Read More …
Categories: ,

SOLUTION TO SEND LARGE FILES


SALAH SATU SOLUSI MENGATASI KESULITAN DALAM MENGIRIM FILE BERUKURAN BESAR - Layanan Reguler pengiriman data melalui e-mail memberikan batasan dalam melampirkan data yang akan dikirimkan ke e-mail lain. Salah satu contohnya layanan gratis e-mail google. Google memberikan batasan maksimal lampiran data berukuran 25MB. 

Ketika mau mengirimkan data berukuran 60MB pasti akan ditolak oleh layanan e-mail google. Oleh karena itu untuk bisa mengirimkan data berukuran 60 MB ini melalui layanan e-mail Google, salah satu caranya adalah membagi data menjadi bagian kecil-kecil, misal menjadi tiga bagian. Di sini akan dijelaskan cara membagi data dengan menggunakan software HJSPLIT.

Cara penggunaanya silakan simak di bawah ini.

Cara Menggunakan HJSplit
Cara Menggunakan HJSplit
Tampilan Awal Software HJSPLIT
Tampilan SPLIT Software HJSPLIT
Cara Membagi File Menjadi Ukuran Kecil-Kecil (SPLIT)
1. Double klik program HJSplit.exe (ga usah install)
2. Klik Split
3. Klik input file dan browse file yang hendak dipecah
4. Klik output file bila ingin meletakkan hasil pisahannya di folder lain (tidak wajib di klik)
5. Tentukan Split file size
6. Tekan start
7. setelah split complete  close deh  gampang kan?
Cara Membagi File Menjadi Ukuran Kecil-Kecil
Tampilan JOIN Software HJSPLIT














Cara Mengabungkan File yang terbagi-bagi (Join)
1. Double klik program HJSplit.exe (ga usah install)
2. Klik Join
3. Klik input file dan browse file yang hendak digabung (cukup file yg berekstensi .001 dan sisanya akan langsung diekstrak otomatis tapi yakinkan semua file .001 sampai .00X berada pada folder yang sama)
4. Klik output file bila ingin meletakkan hasil gabungannya di folder lain (tidak wajib di klik)
5. Tekan start
6. setelah join complete  close
Read More …
Categories: , ,
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEREK NOTEBOOK DI INDONESIA - Di Indonesia banyak beredar berbagai merk notebook. Masing-masing notebook membawa kelebihan dan kekurangannnya. Sebagai konsumen cerdas alangkah baiknya sebelum melakukan pembelian mencari tahu dahulu kelebihan dan kekurangannya. Di sini saya akan sedikit berbagi pengalaman terkait kelebihan dan kekurangan berbagai merk notebook. Untuk lebih jelasnya langsung saja dibaca review kelebihan dan kekurangan berbagai merk notebook ini.


acer
Sumber Gambar: Google Image
Kelebihan (+)
  • Harga paling murah diantara laptop branded, bahkan lebih murah dari HP/compaq (harga bersaing kok dengan brand lokal)
  • Desain lumayan manis
  • Service supportnya bagus (dari pengalaman ane nih, laptop acer ane yg pertama ane punya sampe rusak empat kali dalam masa garansi, semuanya diperbaikin dengan tuntas dalam waktu yg singkat (Untuk GARANSI RESMI))
    Kekurangan (-)
    • Konstruksi casing paling ringkih, panel lcd gampang retak, keyboard payah
    • Desainnya kurang beragam antar seri/varian, jadinya kurang pede kalo dibawa2 soalnya banyak samanya.

    TOSHIBA
    Sumber Gambar: Google Image
    Kelebihan (+)
    • Merek nomor 1 di Indo, jadi harga jual lumayan, barangnya gampang dicari, servis dan spare parts lebih gampang
    • LCD nya great (maybe not the best but great)
    • Bawanya agak pede lah, dibanding laptop merek laen (kecuali banding sony dan mac)
    • Desain dan konstruksinya lumayan kuat/kokoh, dibeberapa seri bahkan ada pelindung hdd, jadi jatuh gak merusak hdd.
    • Addition software (kalo beli yang pake OS yah), banyak dan rata2 berguna dan efektif.
    Kekurangan (-)
    • Harganya lumayan mahal
    • Desain nya rata2 kuno dan kaku, gak up to date.
    • Terlalu banyak model dan spek, penamaan model juga tidak jelas jadi banyak yang tertukar, dan salah (sampe salah beli), contoh Sattelite L745, sebenernya Sattelite L745 ada beberapa spek, yang bisa dibedakan dengan angka dibelakang a8 tersebut, spt Sattelite L745-1204 beda dengan Sattelite L745-1109. Kadang kita tanya ke toko cari Sattelite L745 disana harganya Rp.5 Jutaan. ditempat lain Rp.7 Jutaan (padahal memang speknya beda). Ini penamaan yang bisa dibilang lumayan bodoh, sehingga memusingkan yang beli, ingat kalo mau beli harus ingat kodenya dengan jelas dan speknya juga.
    • Karena nomor 1, PI/BM nya paling banyak, banyak pilihan harga, banyak pilihan model, banyak macem asalnya (dari baru, recondition/refurbish, used), jadi kita harus lebih berhati2 membelinya (status harus jelas, dan kedepannya juga, disini ane gak menentang beli yang PI asal resiko ditanggung penumpang.
    • Di toshibanya rata2 gak ada CD drivernya untuk yang gak + paketan Windows jadi harus download sana sini, untuk yang dah ada Windowsnya harus back-up dulu Recoverynya kedalam keping DVD, jadi kalo ada apa2 biar gak bingung waktu instal ulangnya.


    HP COMPAQ
    Sumber Gambar: Google Image

    Kelebihan (+)
    • Konstruksinya paling kokoh diantara semua laptop, berasa kalo mau bongkar setengah mati 
    • Biasanya sistem paling stabil, dan kinerja wah. ini mungkin karena latar belakang HP emang dari komputer jadi bisa dibilang berpengalaman.
    • Paling komplit perlengkapannya, biasanya kabel charger ada dua, didalam hdd sudah ada recovery, dapet cd/dvd nya, buku petunjuk yang jelas (bukan user guide di laptop doang, tapi dapet buku). yah seperti laptop yang paling mengerti anda
    • Harga paling bersahabat dengan kantong (jika dibanding barang bermerek lainnya)
    Kekurangan (-)

    • LCDnya sangat kurang, ketajaman gambarnya terasa berbeda dengan Sony atau Toshiba kadang muncul dot pixel.
    • Modelnya bener2 luruss....kayak kehabisan akal buat laptop aja.
    • Karena murah meriah, lumayan pasaran, jadi kurang gaya banget.
    • Penamaan seri yang gak jelas (hampir sama dengan Toshiba walau dia mendingan) biasa dibedakan dari awalnya kyk dv4217, ini berarti HP series dv 4000, dan di laptopnya cuma tercantum dv4000. jadi kita bisa bingung kalo tidak melihat speknya. perbedaan dv 4217 dengan yang lain biasanya cuma dalam hal spek saja, tapi fisik biasa sama.
    • Pemakaian komponen yang kadang agak kurang berkualitas, jadi bisa ada masalah di kemudian hari.
    • Software tambahannya banyak yang gak berguna, kebanyakan untuk komersil aja.

    Sony Vaio
    Sumber Gambar: Google Image


    Kelebihan (+)
    • Modelnya bener2 lain dari yang lain, jadi pakenya gaya, gak kalah sama mac (biasanya cocok untuk cewek).
    • LCD nya exellent (sony gitu loh)
    • Additional software lumayan banyak tapi gak terlalu berguna dibanding toshiba
    • Penamaan yang tepat dan akurat, trus di setiap laptop juga tertulis (dicetak dari pabrik) seri nya, jadi meminimalkan penipuan model atau serinya, dan memudahkan membedakan dengan yang lain.
    Kekurangan (-)
    • Mahalnya
    • Jarang ane nemuin yang GARANSI RESMI berkeliaran di Indonesia, biasanya semuanya lewat Distributor
    • Konstruksi kurang kuat, yah bisa dibilang lebih gampang rusak lah
    • Biasanya di bundle nya ngak ada cd/dvd recovery, jadi yah kebanyakan kita harus burn sendiri, kalo hdd rusak, kita belom burn, cilaka lah.
    • Harga servis & spare parts nya rata2 mahal.

    Sumber Gambar: Google Image
    Kelebihan (+)
    • Quality nggak perlu diragukan lagi
    • Sering membuat mata2 lain memandang
    • Kualitas layar beningnya mantab.
    • Bobotnya ringan
    Kekurangan (-)
    • Paling mahal & susah dicari dibanding merek2 lain
    • Speknya rendah2
    • Minim service center kayak SONY

    Sumber Gambar: Google Image


    Kelebihan (+)
    • 80% komponen produk sendiri & quality yang sangat bagus membuat laptop merk ini jarang dikomplain oleh para user
    • Ketahanan daya batre yang mengagumkan berkat program "Battery Life Extender"nya
    • Kualitas layar beningnya serta lebih terang dibandingkan merk lain membuat laptop merk SAMSUNG tetap nyaman digunakan saat dibawah terik cahaya matahari
    • Disain body dan casing yang keren2 dan menawan membuat PD saat digunakan dimana saja
    • Garansi Replace komponen selama 1 tahun penuh menjadikan proses penggaransian sangat cepat dan banyak Service Centernya di Indonesia(Di Malang ane pernah service barang baru "Stok Toko" kagak bisa di Instal karena troble di MainBoard selese man 2 hari aja, padahal janjinya Customer Service kalo lebih dari 4 hari disuruh ngehubungi)
    • Performa kecepatan tidak diragukan lagi, dengan fitur "Fast Start"nya laptop hanya butuh ditutup Lidnya untuk Shutdown & kalo mau dinyalain lagi tinggal dibuka aja Lidnya dalam 3  detik laptop nyala pada kondisi terakhir aplikasi yang kita buka.
    • Software2 aplikasi tambahan sangat bermanfaat saat kita melakukan berbagai macam aktifitas
    • Selengkapannya lengkap ada CD Drivernya dan software manual tentang PC untuk seri terbaru
    Kekurangan (-)
    • Tidak meratanya penyebaran beberapa seri laptop di Indonesia (contohnya kalo di Kediri udah launching Series 3, di Malang belum keluar)
    • Pada CD driver tidak ada driver/aplikasi untuk webcam jadi harus download dari pihak ke 3

    ASUS
    Sumber Gambar: Google Image
    Kelebihan (+)
    • Merk IT yang terkenal sejak jaman PC, jadi untuk masalah pengalaman technologi komputer tidak usah ditanyakan lagi, Asus sejak dulu terkenal dengan ketahanan MotherBoardnya
    • Sebagian besar laptop Asus menggunakan VGA seperti ATI Radeon & Nvidia GForce, sehingga tak jarang Asus sering dibilang Laptop Gamer
    • Harga yang murah merupakan cara Asus untuk menarik perhatian konsumen, jadi dengan harga 4Jtaan agan2 sekalian sudah bisa membeli laptop yang bisa digunakan untuk gaming
    • Masalah Garansi Asus memberikan Garansi paling lama yaitu 2 tahun [dan bisa diperpanjang].
    Kekurangan (-)
    • Asus tidak punya service center yang banyak sehingga jika terjadi kerusakaan proses perbaikannya lebih lama dari pada merk laptop lain, jadi kalo mau garansi ya ngantri dulu selesainya bisa sampai berbulan-bulan. (Pengalaman ane di Kota Malang, mungkin di kota lain tidak begitu)
    • Terlalu cepat mengeluarkan seri2 terbaru dengan spesifikasi lebih tinggi dan harga yg lebih murah, jadi user yg terlanjur beli laptop merasa menyesal kenapa tidak beli yang terbaru aja, biasanya Asus mengeluarkan produk terbarunya Sebulan sekali
    • Untuk seri 12" sering terjadi error touchpad dan seri K43u AMD E350 error Harddisk (sebagian user tidak tahu karena kebanyakan hanya toko yang tau saat cek list barang sebelum dijual)
    • Untuk seri Netbook tidak dilengkapi dengan Softcase

    Sumber Gambar: Google Image
    Kelebihan (+)
    • Untuk user Open Source pasti sudah terbantu karena sebagian Laptop DELL sudah terinstal oleh OS Linux UBUNTU
    • Sebagian laptop DELL berbahan casing Cromonium yang membuat laptop ini menjadi terkesan kokoh
    • Pelayanan Service Center yang bisa anda panggil kerumah, jadi kalo laptop agan rusak tinggal nelpon aja teknisinya dimana rumah agan pasti di datangi langsung dan perbaikan laptopnya dirumah agan-agan sekalian
    • Untuk masalah harga relatif terjangkau
     Kekurangan (-)
    • Sebagian seri disain body yang kaku terkesan membuat laptop ini hanya untuk pekerja kantoran
    • Kantor Service Center yang tidak menyebar di Indonesia
    • Image DELL jatuh lagi setelah iklannya dibintangi SMSH (Pendapat TS sendiri)

    Sumber Gambar: Google Image


    Kelebihan (+)
    • Lenovo mewarisi nama IBM, yang berarti merk ini adalah buyutnya komputer
    • Untuk seri Thinkpadnya benar2 merupakan Laptop tahan banting dan air
    • Harga relatif murah untuk seri idea-pad
     Kekurangan (-)
    • Service center yang tidak banyak tersebar di Indonesia menjadikannya sulit untuk penggaransian langsung
    • Kualitasnya tidak setangguh pada saat masih dipegang Amerika
    • Untuk seri2 Z bentuk casing dan bodynya buruk rupa 

    Sumber Gambar: Google Image

    Kelebihan (+)
    • Keunggulan Laptop Apple paling utama adalah style, estetika desain dan tentu saja Prestise/gengsi sehingga Laptop Apple memiliki daya tarik tersendiri, apalagi di Indonesia, bisa dibuktikan deh kalau lagi hotspotan ditempat publik seperti cafe atau perpustakaan, dari sekian banyak laptop pasti yang paling kelihatan bergengsi dan menarik perhatian adalah aptop Apple, mungkin karena jarang yang pake kali ya.
    • Operating system (OS) menggunakan Mac OS yang menurut klaim dari pihak Apple lebih simple dan "user friendly" dibandingkan dengan OS buatan Microsoft
    • Track pad yang besar dan nyaman digunakan
    • Keyboard dengan sistem penerangan yang otomatis dapat menyesuaikan dengan kondisi cahaya sekitar dan jarak antar tombol yang lebar sehingga lebih nyaman digunakan
    • Layar LCD resolusi tinggi yang glossy dan nyaman untuk dilihat, selain itu tingkat kecerahannya dapat beradaptasi secara otomatis menyesuaikan kondisi pencahayaan sekitar
    • Lebih ramah lingkungan karena semua bagian dari laptop Apple menggunakan material yang dapat didaur ulang
    Kekurangan (-)
    • Kalo dilihat dari performance sih sebenarnya sama saja dengan laptop2 yang lain, tergantung dari spesifikasi hardware
    • Harga yang gak masuk akal dengan spesifikasi yang sama dengan laptop lain
    • Orang Indonesia pada umumnya hanya mengenal OS Windows, jadi membuat bingung bagi pengguna yang masih awam terhadap OS (Operating System)
    • Service Centernya jarang di Indinosia jadi lumayan susah service (maksudnya gak terseba dikota-kota kecil)
    • Harga spare partnya mahal-mahal 

    Sumber Gambar: Google Image
    Kelebihan (+)
    • Harga murah dibandingkan merk lain dengan spesifikasi yang sama.
    • Laptop no 1 dikelasnya (Kelas Lokal).
    • Laptop tipis dan kualitas cat tahan lama.
    Kekurangan (-)
    • Setelah satu tahun baterai , daya tahan baterai hanya tinggal setengah jam. (Tiba-tiba Drop)
    • Kadang jika layar digerakan saat beroperasi maka akan blank screen dan harus restart untuk mengembalikan lagi.
    • CD Writer sudah tidak berfungsi kembali namun membaca CD dan DVD masih bisa.
    • Wireless LAN sulit melakukan koneksi. Windows tidak dapat mencari signal dengan Driver Wireless LAN bawaan. Sampai sekarang teman ane menggunakan program koneksi wireless lain yaitu : "Wireless Network Ignition"
    • Panas berlebih di daerah samping pad mouse. Panas ini sangat-sangat berlebih malah temen ane tidak bisa mengetik dengan nyaman (10 Jari) karena telapak tangannya merasakan panas walaupun diruangan berAc.
    • Panas dari Charger yang berlebih.

    Sumber Gambar: Google Image


    Kelebihan (+)
    • Laptop buatan Indonesia 
    • Harga murah dibandingkan merk lain dengan spesifikasi yang sama
    • Seri - seri Netbooknya unyu-unyu gan 
    Kekurangan (-)
    • Harga jualnya anjlok abis 
    • Kualitas chasing dan bodynya rapuh
    • Purna jual yang mengecewakan, karena laptop lokal masalahnya tetap ada urusan service, karena Service Centernya hanya ada dibeberapa kota aja, jadi komponennya agak susah dicari
    • Over all kelemahannya hampir sama dengan Axioo

    Sumber Gambar: Google Image

    Kelebihan (+)
    • Desain menarik tiada duanya 
    • Kualitas bahan yang kokoh (ada seri yang tahan banting)
    • Garansi 2 tahun (ikut Dell)
    • Performa baik (Speknya rata2 DEWA )
    • Beberapa seri bisa dipesan khusus spesifikasi, design, warna, lampu, dan lain sebagainya (bisa mesen ukiran nama juga dibodynya).
    Kekurangan (-)
    • Mahal
    • Mobilitas terganggu karena ukurannya yang rata2 besar (ini laptop apa PC?)
    • Layar memantulkan cahaya Ini karena pantulan sinar terlihat jelas di layar, terkadang bagaikan melihat permukaan sebuah cermin
    • Berat karena cassing rata - rata berbahan logam
    • Butuh daya yang besar untuk menjalankan semua hardwarenya

    Sumber Gambar: Google Image


    Kelebihan (+) 
    • Merek lokal, part rakitan dari Cina,
    • Service center di beberapa kota besar Indonesia,
    • Garansi 5 Tahun
    Kekurangan (-)
    • Ringkih,
    • Rusak gak jelas,
    • Di rakit di "RUKO" bukan pabrik,
    • Harga mahal, spek murahan, kualitas murahan,
    • Siapa bilang merk Singapura? 
    • Ane baru beli 2 hari udah rusak kabel flexiblenya, udah gitu di instalin software bajakan pula, padahal belinya di pameran komputer JCC



    Sumber: Blog sebelah



    Read More …
    Categories: ,