TEACHING CHILDREN MONEY MANAGEMENT


MENGAJARKAN ANAK MENGATUR UANG - Beberapa wanita merasa sulit mengendalikan diri untuk tidak berbelanja, terutama ketika melihat diskon. Hal ini membuat banyak wanita menjadi boros sehingga keuangannya tidak terkontrol. Psikolog klinis dan forensik, Kasandra Putranto, mengatakan, pengendalian diri agar tidak mudah menghambur-hamburkan uang ketika belanja seharusnya sudah dilatih sejak usia empat tahun.

Semakin dewasa akan semakin sulit mengendalikan dirinya sehingga membuat mereka mempunyai perilaku konsumtif. Agar anak Anda tidak menjadi wanita yang konsumtif maka sebaiknya mengajarkannya bagaimana cara mengatur keuangan sejak masih dini.

"Menurut saya pembelajaran itu dari kecil, pertama anak itu harus diajari untuk berhemat, nggak bisa mendadak sudah dewasa baru diajari. Dari kecil beli yang memang dia perluin," jelas Kasandra ketika bercakap-cakap dengan wolipop melalui telepon, Rabu (19/6/2013).

Beritahu anak bahwa ia harus bisa menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung dan biaya tidak terduga. Misalnya saja, Anda memberikan anak uang Rp 1.000, kemudian beritahu dia agar tidak menghabiskan uang tersebut hanya untuk jajan. Nasihati dia supaya menyisihkan 20 persen dari uang tersebut untuk tabungan masa depan dan 20 persen buat disimpan jika dibutuhkan.

"Anak harus diajarkan sejak kecil mengelola uang, mengendalikan keinginan, tahu yang dibeli, ini susah ya," tutur psikolog lulusan Universitas Indonesia itu.

Ajari juga berbelanja hemat sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mulai mengajaknya ke acara sale seperti Jakarta Great Sale dan menunjukkan bahwa belanja barang saat sedang diskon bisa membuat tabungan bertambah dari bujet belanja yang tersisa. Selain itu, sale bisa membuat seseorang lebih pintar dalam mengatur keuangannya.

"Mengejar sale itu bisa buat kita bijaksana, misalnya uang kita Rp 1.000, supaya kita punya barang yang kita inginkan dengan uang belanja yang ada ya nunggu lagi sale," ujarnya.


Sumber: detik [dot] com
Categories: ,

1 komentar:

Komentar akan OTOMATIS DIHAPUS jika memberikan komentar mengandung iklan, link aktif, dan perkataan yang tidak sopan. Terima Kasih ^_^