WISMA TAMU LANDHUIS DI INSTITUT PERTANIAN BOGOR
Sumber http://greentv.ipb.ac.id

Bogor Agricultural Institute “Landhuis” Guesthouse - Wisma Tamu IPB Landhuis yang berada di Jalan Tanjung No. 4 Kampus Institut Pertanian Bogor Dramaga, mengukir perjalanan sejarah Kampus Institut Pertanian Bogor di Dramaga. Wisma Tamu IPB Landhuis ini awalnya merupakan kediaman tuan tanah kaya pertama pengusaha perkebunan teh dan kopi bernama Gerrit Van Motman.

Pada tahun 1958, Presiden Soekarno meminta semua tenaga berkebangsaan Belanda termasuk keluarga Van Motman untuk meninggalkan Indonesia, karena pada saat itu rakyat Indonesia sedang geram terhadap Belanda yang tetap mempertahankan Irian Barat sebagai daerah jajahannya.

Setelah kepergian Keluarga Motman dari Indonesia, perkebunan karet dengan luas 250 hektar yang berada di daerah Dramaga diambil alih oleh Presiden Soekarno, lalu Presiden Soekarno memberikan kepercayaan kepada Fakultas Pertanian Universitas Indonesia untuk mengelolanya.

Namun pada tahun 1961 dirancang pembangunan Kampus Institut Pertanian Bogor di daerah Dramaga serta juga peletakan batu pertama. Seiring berjalanannya waktu, terjadi perubahan serta perbaikan yang dilakukan pada Landhuis.

Pada tahun 1960 menjadi asrama mahasiswi IPB, pada tahun 1980 menjadi kantor dekan FATEMETA atau yang saat ini disebut Fateta (Fakultas Teknologi pertanian), di tahun 1990 menjadi kantor proyek pembangunan kampus baru Darmaga, dan kemudian pada tahun 1996 menjadi rumah dinas Rektor.

Setelah itu Landhuis menjadi wisma tamu di Institut Pertanian Bogor hingga saat ini, Wisma Tamu IPB Landhuis saat ini memiliki 15  ruang kamar dengan kapasitas bervariasi. Di setiap kamar tersedia fasilitas tolilet, AC, water heater, TV, dll.

Baca Juga:



Dikutip dari: ditbk.ipb.ac.id


HOTLINE
+62 251 - 8425590 


ADDRESS
Institut Pertanian Bogor, Jl. Tanjung No. 4 Dramaga, Bogor 


Categories:

Komentar akan OTOMATIS DIHAPUS jika memberikan komentar mengandung iklan, link aktif, dan perkataan yang tidak sopan. Terima Kasih ^_^