PENGALAMAN MERAWAT AQUARIUM

Pengalaman Merawat Aquarium - Aquascape (seni keindahan aquarium), bagi saya yang baru belajar, tentu harus memahami dengan seksama cara merawat aquaium dengan baik. Di catatan kali ini, saya membagi pengalaman bagaimana saya merawat aquarium yang ada di kamar.

Perawatan aquarium walaupun sederhana, tetapi harus mengetahui hal-hal apa saja yang penting untuk menjaga kelestarian penduduk aquarium (ikan dan tanaman air). Ikan pertama yang saya miliki adalah si "Cimo" dan "Moci"..tapi kandas...haha. Setelah beli ikan lagi..ini ada tips yang bisa saya bagi dalam merawatnya..alhamdulillah aman..hehe.

Tipsnya:

1. Periksa kemungkinan terdapatnya penduduk aquarium yang menghilang dari aquarium. Periksa kesehatan ikan. Pas beli, perhatikan apakah dijumpai kelainan atau tidak, seperti munculnya tanda-tanda asing pada tubuh (bercak merah atau putih), produksi lender ikan, tampilan kotoran ikan, dan lainnya.

2. Periksa filter dan pencahayaan berfungsi dengan baik atau tidak.

3. Gerakkan perlahan daun-daun tanaman pada akuarium anda untuk menyingkirkan kotoran yang melekat. Hal ini perlu dilakukan agar jangan sampai kotoran tersebut mengganggu proses fotosintesis tanaman (saran dari mas Joe).

4. Periksa parameter air aquarium anda. Tes kadar ammonia, nitrit dan nitrat, serta pH dan kesadahan air.

5. Singkirkan daun-daun tanaman yang mati dan potongan tanaman yang mungkin dijumpai (kirain nggak ganggu, tp ternyata bisa bikin ikan stres).

6. Buang kotoran yang terdapat pada permukaan subtract. Secara tidak langsung tindakan ini juga membantu mengurangi akumulasi nitrat dan fosfot dalam aquarium.

7. Beri pupuk cair ke dalam aquarium sesuai petunjuk penggunaan.

8. Bersihkan permukaan kaca aquarium.

9. Lakukan perawatan pada filter. Singkirkan penyumbatan, dan bersihkan media filter mekanik.

10. Lakukan perawatan pada media filter biologi. Cuci dan bilas media tersebut dengan menggunakan air. Jangan gunakan bahan kimia, atau air panas untuk membersihkannya, cukup disiram air dari aquarium.

11. Periksa subtract, apakah terjadi pemadatan atau tidak.

12. Bersihkan baling-baling pada pompa filter.

13. Ganti lampu TL aquarium jika mati (nggak bagus tanpa lampu,haha).

14. Ganti kapas filter dan media filtrasi mekanik.

15. Beri ulang pupuk cair atau pupuk tablet sesuai dengan petunjuk pemakaian.

16. Lakukan pemangkasan pada tanaman yang tinggi melebihi permukaan air, sehingga mengganggu keindahan secara keseluruhan. Lakukan penjarangan pada tanaman yang terlalu padat.

17. Daun yang tumbuh terlalu lebar, bisa dibuang.

18. Buang daun tua (haha..pertahankan daun muda) yang tidak diperlukan, terutama kalau daun sudah tampak ditumbuhi lumut.

19. Lakukan penggantian tanaman, pada tanaman yang telah tua atau yang tampak sakit.

20. Selamat mencoba..^_^


Oleh: Hera Tri Utomo
Categories: ,

Komentar akan OTOMATIS DIHAPUS jika memberikan komentar mengandung iklan, link aktif, dan perkataan yang tidak sopan. Terima Kasih ^_^