KABINET KERJA, PROFIL MENTERI DI PEMERINTAHAN JOKOWI-JK 2014-2019 - Hari ini, Minggu 26 Oktober 2014 telah dirilis kabinet presiden ke-7 (red-Jokowi-JK) untuk pemerintahan 2014-2019.

Berikut profil menteri-menteri KABINET KERJA JOKOWO-JK 2014-2019:

1. Pratikno sebagai Menteri Sekretaris Negara
KABINET KERJA, MENTERI DI PEMERINTAHAN JOKOWI-JK 2014-2019

Nama Lengkap : Pratikno
Tempat Lahir : Bojonegoro
Tanggal Lahir : Selasa, 13 Februari 1962

BIOGRAFI
Prof. Pratikno, M.Soc.Sc adalah Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang baru saja terpilih pada Maret 2012. Sebelum pemilihannya sebagai rektor, ia dinobatkan menjadi Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM pada tahun 2010. Selama karirnya di dunia akademik, Pratikno banyak melakukan penelitian dalam politik lokal dan jaringan pemerintahan yang merupakan bidang keahliannya. Ia juga beberapa kali menjadi pembicara dalam workshop menjelang pemilu maupun pilkada.

Pratikno lahir di Bojonegoro pada 13 Februari 1962. Ia hijrah ke Yogyakarta untuk menimba ilmu di bidang politik dan pemerintahan di kampus UGM. Melanjutkan pendidikannya di di bidang tersebut, ia kemudian terbang ke negeri Ratu Elizabeth dan mengambil jurusan Development Administration di University of Birmingham, Inggris, hingga mengantongi gelar M.Soc.Sc pada tahun 1991. Tidak berhenti sampai di situ, Pratikno terbang ke Australia untuk mengambil program doktoral di Flinders University of South Australia jurusan Asian Studies.

Suami dari Dra. Ec. Siti Faridah ini bergabung sebagai pengajar di UGM sejak tahun 1986, setahun setelah ia mendapatkan gelar sarjananya. Profesi tersebut masih ia tekuni sampai sekarang. Tahun 2003, ia ditunjuk sebagai direktur Program Pascasarjana Prodi Ilmu Politik Konsentrasi Politik Lokal dan Otonomi Daerah sekaligus Wakil Dekan bidang Akademik FISIP UGM sejak tahun hingga tahun 2004.

Orang nomor satu di UGM ini banyak menulis artikel terkait bidang keahliannya, contohnya artikel yang berjudul "Seandainya Otonomi Tanpa Kerjasama dalam Kompleksitas dan Tawaran Format Kelembagaan" yang dipublikasikan pada 2007 dan "Mimpi Lama Yang Terus Hidup dalam Membangun NKRI dalam Membangun NKRI dari Bumi Tambun Bungai Kalteng" pada tahun yang sama. Beberapa artikelnya juga dimuat di harian setempat.

Dia juga terpilih sebagai moderator debat capres tahun 2009 dan diangkat sebagai tim seleksi anggota KPU dan Bawaslu. Pratikno tinggal di daerah Jaban, Yogyakarta bersama istri dan tiga orang putrinya, yaitu Anisa Firdia Hanum, Hilda Mutia Hanum, dan Gita Nadia Hanum.

PENDIDIKAN
  • S1 Ilmu Pemerintahan Fisipol UGM (1980-1985)
  • S2 Department of Development Administration University of Birmingham, Inggris (1989-1991)
  • S3 Department of Asian Studies, Flinders University of South Australia (1992-1996)

KARIR
  • Rektor UGM (2012-2017)
  • Pengajar di FISIP UGM
  • Moderator debat capres tahun 2009.
  • Direktur dan pengajar di Program Pascasarjana Prodi Ilmu Politik Konsentrasi Politik Lokal dan Otonomi Daerah, UGM (2003-sekarang)
  • Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UGM (2001-2004)   

2. Andrinof Chaniago sebagai Kepala Bappenas
KABINET KERJA, MENTERI DI PEMERINTAHAN JOKOWI-JK 2014-2019

Nama Lengkap : Andrinof A Chaniago
Agama : Islam
Tempat Lahir : Padang
Tanggal Lahir : Sabtu, 3 November 1962

BIOGRAFI
Andrinof A Chaniago merupakan pria kelahiran Padang, 3 November 1962. Saat ini, ia bekerja sebagai dosen di FISIP UI. Ia mengajar di tiga program sekaligus; S1, S2 dan Sarjana Eksistensi. Selain itu, ia merupakan Senior Fellow di The Habibie Center. Pada tahun 1999, ia bersama rekan-rekannya mendirikan Center for Indonesian Regional dan Urban Studies atau CIRUS. Di tahun 2008, ia mendirikan CIRUS Surveyors Group (CSG). Di sini, ia menjabat sebagai direktur eksekutif.

Ia juga aktif dalam organisasi sosial non profit seperti Anggota Dewan Redaksi Jurnal Galang. Jurnal ini mengupas pemikiran tentang penggalangan dana sosial. Selain itu, ia juga sempat menjadi Ketua III Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI).

Ia menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia untuk program S1-nya. Kemudian ia melanjutkan ke Program Master Perencanaan dan Kebijakan Publik, Fakultas Ekonomi di universitas yang sama, Universitas Indonesia. Ia juga sempat kuliah di Fu Hsing Kang College, Taipei, Taiwan.

Ia juga aktif berkarya sebagai penulis. Ia menulis buku yang berjudul Gagalnya Pembangunan: Kajian Ekonomi Politik Akar Krisis Indonesia di tahun 2001. Selain itu, ia juga membuat tulisan di berbagai jurnal serta media massa.

Ia menikah dengan Ir. Yultifani dan memiliki seorang anak yang bernama Auzi Amazia Domasti.  Saat ini, ia menjabat sebagai anggota tim Visi Indonesia 2033. Tujuan sederhana dari tim ini adalah supaya pembangunan yang ada harus sejalan dengan konsekuensi dari kondisi yang ada dan bisa mewujudkan pertumbuhan dalam hal kesejahteraan masyarakat. Tim ini beranggotakan empat orang yang sama-sama memiliki keahlian yang mumpuni, yaitu Andrinof A Chaniago, Ahmad erani Yustika, Mohammad Jehansyah Siregar, dan Tata Mustasya.

PENDIDIKAN
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia
  • Program Master Perencanaan dan Kebijakan Publik, FE, UI
  • Fu Hsing Kang College, Taipei, Taiwan
  • S3 di Pasca Sarjana Ilmu Filsafat UI
KARIR
  • Dosen
  • Research Fellow di The Habibie Center
  • Direktur Eksekutif CIRUS Surveyors Group
  • Penulis

3. Indroyono Soesilo sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman
KABINET KERJA, MENTERI DI PEMERINTAHAN JOKOWI-JK 2014-2019

Nama Lengkap : Indroyono Soesilo
Tanggal Lahir : 27 Maret 1955
Nama Istri/Suami : Dr Ir Nining Sri Astuti MA

Riwayat Pendidikan
  • S1, Institut Teknologi Bandung, Teknik Geologi, 1979
  • S2, Universitas Michigan, Amerika Serikat , Penginderaan Jauh, 1981
  • S3, Universitas Lowa, Amerika Serikat , Geologi Penginderaan Jauh, 1987

Riwayat Pekerjaan
  • Pegawai BPPT , 1987
  • Kepala Sub Direktorat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam (TISDA) Matra Dirgantara BPPT , 1995 - 1997
  • Dirjen Penyerasian Riset dan Eksplorasi Laut , Departemen Kelautan dan Perikanan, 1999
  • Kepala Badan Riset Kelautan dan Perikanan / BRKP , 2001 - 2008
  • Sesmenkokesra, 2008 - 2011
  • Dirjen United Nation - Food and Agricultural Organization , Perserikatan Bangsa-Bangsa, 2012 - Sekarang

Prestasi :
  • Sarwono Prawirohardjo VIII, LIPI - 2009
  • Satya Lencana Dwija Sistha RI - 2003
  • Adhicipta Rekayasa - 1993


4. Ignasius Jonan sebagai Menteri Perhubungan
KABINET KERJA, MENTERI DI PEMERINTAHAN JOKOWI-JK 2014-2019

Lahir di Singapura, 21 Juni 1963
Uumur 51 tahun

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) tahun 2009 s.d. sekarang. Ignasius Jonan menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) sesuai dengan penugasan pemerintah melalui Kementerian BUMN yang dipimpin oleh Menteri BUMN Sofyan Djalil, menggantikan Ronny Wahyudi yang menjabat sejak September 2005 yang kemudian Ronny diangkat kembali oleh pemerintah sebagai anggota Dewan Komisaris PT Industri Kereta Api (Inka). Jonan diangkat pada tanggal 25 Februari 2009. Ignasius Jonan terpilih kembali pada tahun 2013 oleh Dahlan Iskan.

Pendidikan formal:
  • Fletcher School, Tufts University, AS
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, Universitas Airlangga
Karir:
  • PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), Direktur Utama, 2001 s.d. 2006
  • Citibank/Citigroup, Director tahun 1999 s.d. 2001 dan Managing 
  • Director tahun 2006 s.d. 2009
  • Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Direktur Utama, 2009 s.d. sekarang


5. Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
KABINET KERJA, MENTERI DI PEMERINTAHAN JOKOWI-JK 2014-2019

Lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965
Umur 49 tahun

Pengusaha pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat. Hingga awal tahun 2012, Susi Air memiliki 32 pesawat dengan berbagai tipe seperti Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-06 Porter dan 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 180 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing. Tahun 2012 Susi Air menerima pendapatan Rp300 miliar dan melayani 200 penerbangan perintis.

Karier
Ayah dan ibunya Susi Pudjiastuti yaitu Haji Ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Lasminah berasal dari Jawa Tengah yang sudah lima generasi lahir dan hidup di Pangandaran. Keluarganya adalah saudagar sapi dan kerbau, yang membawa ratusan ternak dari Jawa Tengah untuk diperdagangkan di Jawa Barat. Kakek buyutnya Haji Ireng dikenal sebagai tuan tanah. Susi hanya memiliki ijazah SMP. Setamat SMP ia sempat melanjutkan pendidikan ke SMA. Namun, di kelas II SMAN Yogyakarta dia berhenti sekolah karena dikeluarkan dari sekolah lantaran keaktifannya dalam gerakan Golput. Setelah tidak lagi bersekolah, dengan modal Rp750 ribu hasil menjual perhiasan, pada 1983 Susi mengawali profesi sebagai pengepul ikan di Pangandaran. Bisnisnya terus berkembang, dan pada 1996 Susi mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster dengan merek “Susi Brand”. Ketika bisnis pengolahan ikannya meluas dengan pasar hingga ke Asia dan Amerika, Susi memerlukan sarana transportasi udara yang dapat dengan cepat mengangkut lobster, ikan, dan hasil laut lain kepada pembeli dalam keadaan masih segar.

Didukung suaminya, Christian von Strombeck, seorang Jerman yang lama bekerja sebagai mekanik pesawat dan pilot di Indonesia, pada 2004 Susi memutuskan membeli sebuah Cessna Caravan seharga Rp20 Miliar menggunakan pinjaman bank. Melalui PT ASI Pudjiastuti Aviation yang ia dirikan kemudian, satu-satunya pesawat yang ia miliki itu ia gunakan untuk mengangkut lobster dan ikan segar tangkapan nelayan di berbagai pantai di Indonesia ke pasar Jakarta dan Jepang. Call sign yang digunakan Cessna itu adalah Susi Air. Dua hari setelah gempa tektonik dan tsunami Aceh melanda Aceh dan pantai barat Sumatera pada 26 Desember 2004, Cessna Susi adalah pesawat pertama yang berhasil mencapai lokasi bencana untuk mendistribusikan bantuan kepada para korban yang berada di daerah terisolasi. Peristiwa itu mengubah arah bisnis Susi. Di saat bisnis perikanan mulai merosot, Susi menyewakan pesawatnya itu yang semula digunakan untuk mengangkut hasil laut untuk misi kemanusiaan. Selama tiga tahun berjalan, maka perusahaan penerbangan ini semakin berkembang hingga memiliki 14 pesawat, ada 4 di Papua, 4 pesawat di Balikpapan, Jawa dan Sumatera. Perusahaannya memiliki 10 pesawat Cessna Grand Caravan, 2 pesawat Pilatus Porter, 1 pesawat Diamond star dan 1 buah pesawat Diamond Twin star. Sekarang Susi Air memiliki 45 pesawat terbang beragam jenis.

Susi menerima banyak penghargaan antara lain Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004, Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005, serta Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden Republik Indonesia. Tahun 2006, ia menerima Metro TV Award for Economics, Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 dari Metro TV, Indonesia Berprestasi Award dari PT Exelcomindo dan Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2009. Pada tahun 2008, ia mengembangkan bisnis aviasinya dengan membuka sekolah pilot Susi Flying School melalui PT ASI Pudjiastuti Flying School.



6. Arief Yahya sebagai Menteri Pariwisata
KABINET KERJA, PROFIL MENTERI DI PEMERINTAHAN JOKOWI-JK 2014-2019

Nama                                    : Arief Yahya
Tempat dan Tanggal Lahir : Banyuwangi, Jawa Timur, 2 Maret 1961 (53 tahun)
Pendidikan Terakhir            : Sarjana Institut Teknologi Bandung dan Universitas Surrey, Inggris.
Jabatan Terakhir                 : Dirut PT Telkom

Riwayat pendidikan
SMA / SMPP 1 Banyuwangi (saat ini dibagi menjadi 2 sekolah yaitu SMA Negeri 1 Glagah dan SMA Negeri 1 Giri), lulus tahun 1979.
Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung.
Telematics (Software & Telecommunications) di Universitas Surrey, Inggris.

Prestasi
  • The Best Kandatel (Kantor Daerah Telekomunikasi), Pemasaran telepon terbaik Telkom Jakarta, Gema Telkom Award 2 kali, Telkom Jakarta Barat. 2002
  • Penghargaan keberhasilan kecepatan Recovery Fastel, akibat bencana banjir di Kawasan Segitiga Emas Jakarta untuk Telkom Jakarta Barat 2002
  • Kandatel Terbaik Malcolm Baldrige National Quality Award, 614, Score terbaik Nasional, Telkom Jakarta Barat. 2002
  • Kepala Divisi Regional (Kadivre) Terbaik The Best Sponsor, Aktualisasi Budaya Korporasi The Telkom Way 135, Kadivre VI Kalimantan. 2003
  • The Best DIVRE in Corporate Culture Actualisation The Best Unit, Aktualisasi Budaya Korporasi The Telkom Way 135, DIVRE VI Kalimantan 2003
  • Pencapaian target pemasaran tercepat dan terbesar di Kalimantan, 50 ribu SST dalam waktu 6 bulan, 100 ribu dalam 1 tahun. 2003
  • Operator VSAT terbaik. Operator VSAT Dial Away terbaik se Asia Tenggara, Penghargaan oleh Gilat Satellite Co, untuk Telkom Kalimantan 2003
  • Penerapan aplikasi Geographical Information System (GIS) Telkom Kalimantan pada PT. PLN Wilayah KaltimSel. 2003
  • Kerja Sama Penyelenggaraan Fastel (Sertio Plus) CDMA 2000 1X sebanyak 1000 sst dengan Pihak PEMDA Kutai Kertanegara, untuk pertama kali di Indonesia. 2003
  • Kerja Sama Penyelenggaraan Fastel (Sertio Plus) CDMA 2000 1X sebanyak 1000 sst dengan Pihak PEMDA Kutai Timur. 2003
  • Pencetusan Exclusive Service Area (ESA), berupa penyediaan dan penyelenggaraan Fastel di daerah terpencil oleh pihak ke III, di Tanjung Redeb, sebanyak 1000 sst. 2003
  • Zero Accident Award Penghargaan Kecelakaan Kerja Nihil 2003 dari Menakertrans, Telkom Kalimantan
  • Kadivre Terbaik, Penghargaan Management War Room terbaik 2003, The Best Jalur Komando Award, Panglima Daerah VI Kalimantan
  • Divre Terbaik, Rocky of The Year 2003, Untuk Management Flexi, DIVRE VI Kalimantan


7. Sudirman Said sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral
KABINET KERJA, PROFIL MENTERI DI PEMERINTAHAN JOKOWI-JK 2014-2019

Pria kelahiran Brebes, 16 April 1963, saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT. Pindad.

Beliau Menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (Pendidikan Diploma pada tahun 1984 & pendidikan Sarjana pada tahun 1990), kemudian pada tahun 1994 beliau melanjutkan di George Washington University, Washington DC, USA untuk program Master of Business Administration, Majoring in Human Resources Management and Organizational Behavior & Development.

Sebelum diangkat menjadi Direktur Utama di PT. Pindad (Persero), beliau telah berpengalaman di berbagai institusi dan perusahaan. Pada tahun 2003-2005 beliau menjabat sebagai Direktur Keuangan & Admin , PT. Petrokimia Nusantara Interindo. Beliau juga pernah menjabat di beberapa posisi di PT. Pertamina (Persero), salah satunya Staf Ahli Direktur Utama (2007-2008).

Sebelum menjadi Direktur Utama di PT. Pindad (Persero), beliau beraktivitas di Indika Energy Group antara lain menjabat sebagai Direktur Eksekutif, APEC CEO Summit 2013 dan terakhir sebagai Wakil Direktur Utama PT. Petrosea, Tbk.



8. Tedjo Edy Purdjianto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
Nama                                   :  Tedjo Edhy Purdijatno
Tempat dan Tanggal Lahir: Magelang, Jawa Tengah, 20 September 1962 (52 tahun)
Pendidikan Terakhir           : Sesko ABRI dan Lemhannas
Jabatan Terakhir                 : Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut




9. Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri
KABINET KERJA, PROFIL MENTERI DI PEMERINTAHAN JOKOWI-JK 2014-2019

Nama Lengkap : Tjahjo Kumolo
Agama : Islam
Tempat Lahir : Solo, Jawa Tengah
Tanggal Lahir : Minggu, 1 Desember 1957
Warga Negara : Indonesia

BIOGRAFI
Tjahjo Kumolo adalah seorang politikus Indonesia yang bernaung di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pria yang akrab disapa Tjahjo ini lahir di Solo, Jawa Tengah pada tanggal 1 Desember 1957. Ia mengenyam pendidikan dari tingkat Sekolah Dasar hingga perguruan tinggi di kota Semarang. Setelah lulus SMA, ia memilih kuliah di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Ia berhasil meraih gelar sarjana hukum di tahun 1985 dari universitas tersebut. 

Semasa kuliah, Tjahjo telah aktif terlibat dalam berbagai kegiatan organisasi. Ketika ia berusia 25 tahun, ia sudah ditunjuk untuk menduduki jabatan Ketua Biro Organisasi KNPI Dati I Jawa Tengah dari tahun 1983 hingga 1985. Lalu ia pun kembali terpilih sebagai Ketua DPD KNPI Dati I Jawa Tengah periode 1985-1988 dan Sekretaris Jenderal KNPI Dati I Jawa Tengah untuk periode 1987-1990. 

Tjahjo mulai berkecimpung dalam kancah politik nasional saat ia menjadi Anggota Komisi II, III dan Anggota BKSAP DPR RI (1987,1992) dan Ketua Umum DPP KNPI di tahun 1990-1993. Tjahjo kemudian aktif menjabat sebagai Direktur SDM Litbang DPP PDIP tahun 1999 sampai 2002.

Setelah itu, ia bertugas sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI (1999-2002) dan Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI (2002-2003). Pada Pemilu tahun 2004, ia terpilih menjadi Anggota Komisi XI dan Anggota BKSAP DPR RI (2004-2008), Ketua Fraksi PDIP DPR RI (2004-2009), dan Wakil Ketua Tim Lumpur Sidoarjo DPR-RI (2006-2007). Dalam Pemilu 2009, Tjahjo kembali menduduki posisi sebagai Anggota DPR dan Ketua Fraksi PDIP DPR RI periode 2009-2014. 

Selain itu, ia juga ditunjuk sebagai Koordinator GKSB Indonesia-Jepang (2009-2010). Pada Kongres III PDIP, Ketua Umum PDIP  Megawati Soekarnoputri menunjuk Tjahjo sebagai Sekretaris Jenderal PDIP (2010-2015) menggantikan Pramono Anung yang sudah menduduki posisi Wakil Ketua DPR (2014-2019).

PENDIDIKAN
  • SD di Semarang (1970)
  • SMP Negeri 4 Semarang (1973)
  • SMA Negeri 1 Semarang (1976)
  • Universitas Diponegoro (1985)
  • Lembaga Pertahanan Nasional Jakarta (1994)  
KARIR
  • Anggota Komisi II, III dan Anggota BKSAP DPR RI (1987,1992)
  • Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI (1999-2002)
  • Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI (2002-2003)
  • Anggota Komisi XI dan Anggota BKSAP DPR RI (2004-2008)
  • Wakil Ketua Tim Lumpur Sidoarjo DPR-RI (2006-2007)
  • Koordinator GKSB Indonesia-Jepang (2009-2010)
  • Anggota Komisi I DPR (2009-2014)
  • Ketua Fraksi PDIP DPR RI (2004-2009 dan 2009-2014)
  • Sekretaris Jenderal DPP PDIP (2010-2015)


10. Retno Lestari Priansari Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri
KABINET KERJA, PROFIL MENTERI DI PEMERINTAHAN JOKOWI-JK 2014-2019

Nama                                   : Retno Lestari Priansari Marsudi
Tempat dan Tanggal Lahir: Semarang, Jawa Tengah, 27 November 1962 (51 tahun)
Pendidikan Terakhir           : Magister dari Haagsche Hooge School Den Haag
Jabatan Terakhir                : Duta Besar RI di Den Haag, Belanda





Sumber:
http://profil.merdeka.com/indonesia/p/pratikno/
http://profil.merdeka.com/indonesia/a/andrinof-a-chaniago/
http://news.detik.com/seleksi-menteri/detail/247/indroyono-soesilo
http://id.wikipedia.org/wiki/Ignasius_Jonan
http://id.wikipedia.org/wiki/Susi_Pudjiastuti
http://www.beritasatu.com/politik/220229-profil-singkat-menteri-pariwisata-arief-yahya.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Arief_Yahya
http://www.atjehcyber.com/nasional/profil-lengkap-sudirman-said-menteri-esdm-kabinet-jokowi-jk.html
http://www.beritasatu.com/politik/220214-profil-singkat-menko-polhukam-tedjo-edhy-purdijatno.html
http://profil.merdeka.com/indonesia/t/tjahjo-kumolo/
http://www.beritasatu.com/nasional/220236-profil-singkat-menteri-luar-negeri-retno-marsudi.html
Categories: ,

Komentar akan OTOMATIS DIHAPUS jika memberikan komentar mengandung iklan, link aktif, dan perkataan yang tidak sopan. Terima Kasih ^_^