KESALAHAN-KESALAHAN UMUM PENGGUNA ANTIVIRUS (AV)

THE TOP MISTAKES ANTIVIRUS USERS MAKE

Kesalahan-kesalahan umum pengguna AntiVirus (AV) - Saya sering menemui orang-orang disekitar saya bertanya berkaitan dengan komputernya (PC, Notebook, Netbook, etc) berjalan melambat dan sering errorlack atau hang. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi komputer jadi melambat dan errorlack atau hang. Namun faktor umum penyebab hal tersebut terjadi karena ulah virus. Virus tersebut berjalan (running) di belakang tanpa diketahui user (pengguna). Setelah saya cek, memang banyak virus yang ada didalam komputer yang sedang berjalan. Virus-virus tersebut memakan banyak perhatian processor dan RAM komputer yang menyebabkannya berjalan melambat dan errorlack atau hang.

Sebagian besar orang-orang yang kasusnya komputer melambat atau sering disebut lemot, error, dan lack atau hang, mereka sudah memiliki antivirus yang sudah terinstall di komputer mereka. Seharusnya persentase terkena/ terjangkit virus cukup kecil. Mengapa virus masih saja menjangkit di komputer mereka? Berikut beberapa kesalahan-kesalahan umum pengguna AntiVirus (AV):

1. Menginstall (memasang) antivirus (AV) tetapi tidak mengupdatenya (memperbaruinya) secara rutin/ berkala. 

KESALAHAN-KESALAHAN UMUM PENGGUNA ANTIVIRUS (AV)
Out of date di AV Norton
Berdasarkan data dari suatu website terpercaya yang pernah saya baca, setiap detik muncul jutaan virus baru. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor salah satunya mudahnya menemukan cara untuk membuat virus. Saya pernah melihat buku-buku dengan judul membuat virus hanya 10 menit, bisa mahir membuat virus hanya 10 menit, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, di intrenet banyak yang membagikan cara membuat virus secara cuma-cuma dan dapat di akses oleh siapapun. 

Bagi mereka yang bisa membaca peluang, mereka memanfaatkan virus untuk mendapatkan uang. Belum lama ini saya menemukan berita, seorang pembuat virus meminta tebusan uang bagi yang terkena virus buatannya. Kok bisa? Ngaco ntuh berita! Ya bisa, berita tersebut memang terjadi pada seseorang. Semua data terkunci karena ulah virus tersebut. Untuk membuka dan mendapatkan datanya, seseorang harus mengirimkan uang kepada pembuat virus. Pembuat virus akan mengirimkan password untuk membuka datanya. Virus tersebut belum bisa dipecahkan oleh pakar. Jadi hanya pembuat virus yang bisa membuka file terkunci. Kalau sangat menginginkan datanya, mau tidak mau harus merelakan beberapa uangnya untuk mendapatkan password untuk membuka datanya yang terkunci.

Dari sudut pandang saya, itu sangat hebat, luar biasa dan cerdas. Bisa menciptakan virus dengan kemampuan yang bisa menghasilkan uang. Namun cara mendapatkan uangnya tersebut tidak dibenarkan, mereka mendapat uang dengan cara tidak halal, mereka memaksa seseorang untuk memberikan uang. Mereka sama saja dengan perampok, penculik yang meminta tebusan, penodong dan lain sebagainya. Bagimana jika hal tersebut terjadi pada seorang peneliti, orang yang sedang mengerjakan tugas akhir? Mereka bisa stress karena ulah virus tersebut. Mereka milih kehilangan uang atau kehilangan tugas akhir mereka yang mana hasil akhir penelitiannya beberapa bulan atau tahun. Dan yang terakhir bagaimana jika hal tersebut terjadi pada Anda? Nauzubillah min dzalik! 

Virus tersebut tergolong salah virus terbaru, masih banyak lagi virus baru yang belum ada di bank virus software antivirus Anda. Oleh karena itu Anda perlu menambahkan data di bank virus antivirus Anda supaya bisa mendeteksi virus-virus terbaru. Karena perkembangan virus sangat cepat, Anda harus mengupdate secara  berkala dan rutin bank virus di antivirus Anda.


2. Menginstall (memasang) AV tanpa melakukan scanning secara rutin/ berkala.
KESALAHAN-KESALAHAN UMUM PENGGUNA ANTIVIRUS (AV)
Proses Scanning
AV bawaan (dari penyedia/pembuat) ada yang sudah disetting melakukan scanning terjadwal/ berkala otomatis dan ada juga yang tidak/ belum. Bagi yang sudah otomatis melakukan scanning berkala mungkin tidak perlu khawatir, namun yang yang tidak melakukan scanning yang membuat khawatir. Sebuah AV untuk mendeteksi virus biasannya melakukan proses scanning terlebih dahulu, bagaimana AV Anda bisa menemukan virus kalau Anda tidak melakukan scanning terlebih dahulu. Oleh karena itu proses scanning berkala sangat penting untuk menemukan atau mendeteksi keberadaan virus di suatu drive.

3. Menginstall (memasang) AV tanpa melakukan upgrade versi software yang terbaru (latest software). 
KESALAHAN-KESALAHAN UMUM PENGGUNA ANTIVIRUS (AV)
Proses pengecekan versi terbaru di AV Eset Nod32
Seorang pembuat virus juga update terhadap perkembangan teknologi software AV. Mereka rajin bereksperimen untuk bisa mengakali menerobos/ menjebol pertahanan AV. Mereka berupaya virusnya tidak terdeteksi oleh AV. Jadi selain melakukan update AV secara rutin, tidak kalah penting juga user melakukan upgrade versi AV ke versi yang terbarunya setiap versi baru AV tersebut telah direlease/ launching. Selain itu keuntungan melakukan upgrade versi software AV umunya adalah tampilan AV semakin menarik dan tidak memakan perhatian processor dan RAM komputer sebanyak versi AV sebelumnya.

4. Mengabaikan perintah atau pemberitahuan penting setiap dialog AV yang muncul. 
KESALAHAN-KESALAHAN UMUM PENGGUNA ANTIVIRUS (AV)
AV Kaspersky expired
Misal: Pemberitahuan untuk menghapus virus. Kadang ada AV yang membutuhkan penghapusan secara manual terhadap setiap virus yang ditemukan, jadi AV tidak menghapusnya secara otomatis. Hal ini bisa terjadi mungkin sengaja settingan AV dibuat untuk menghapus virus secara manual. Orang yang menyetting AV melakukan penghapusan manual, kemungkinan memiliki tujuan takut akan ada file penting yang langsung dihapus oleh AV ketika terindikasi terjangkit virus. Contoh selanjutnya, pemberitahuan bahwa antivirus Anda telah expired. Biasanya pemberitahuan muncul pada AV berbayar/ komersial. Jadi ada masa usia pakai AV tersebut. Jika terjadi demikan Anda harus memperbarui atau memperpanjang pemakaian AV tersebut. 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat sekalian.



[QUIZ]
Apakah Anda sudah paham dengan pemaparan di atas? Jika Anda sudah merasa paham, saya mengundang Anda untuk menguji seberapa jauh pemahaman Anda dengan menjawab beberapa kasus di bawah ini.


Apa yang akan Anda lakukan jika menemui hal berikut?

KESALAHAN-KESALAHAN UMUM PENGGUNA ANTIVIRUS (AV)


Apa yang akan Anda lakukan jika menemui hal berikut?

KESALAHAN-KESALAHAN UMUM PENGGUNA ANTIVIRUS (AV)






Categories:

4 komentar

Betul, gan. Ane kadang juga kyk gitu. :sundul

Ane taunya juga dari pengalaman sekitar ^_^

Terima kasih atas kunjungannnya :)

Komentar akan OTOMATIS DIHAPUS jika memberikan komentar mengandung iklan, link aktif, dan perkataan yang tidak sopan. Terima Kasih ^_^