CARA MENGGUNAKAN FLASHDISK SUPAYA AWET DAN TAHAN LAMA
Sumber Gambar: Ibnlive

HOW MAKE FLASHDISK LONG LIFE


CARA MENGGUNAKAN FLASHDISK SUPAYA AWET DAN TAHAN LAMA. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat FLASHDISK/ FLASHDRIVE lebih tahan lama:

1. Cabut FLASHDISK/ FLASHDRIVE dengan BENAR

Jangan pernah sekali-kali mencabut FLASHDISK/ FLASHDRIVE dengan paksa/ asal. Ada tata caranya untuk mencabut FLASHDISK/ FLASHDRIVE supaya FLASHDISK/ FLASHDRIVE Anda awet dan data di dalam FLASHDISK/ FLASHDRIVE aman. Berdasarkan hasil surfing, banyak ahli IT yang menyarakan ketika mencabut FLASHDISK/ FLASHDRIVE harus melalui software terlebih dahulu, baik software bawaan windows maupun software tambahan (Ex. Safely Remove Hardware). FLASHDISK/ FLASHDRIVE ketika akan dicabut harus dalam keadaan tanpa/ bebas aktivitas seperti proses copy, proses scan virus atau yang lainnya. Biarkan FLASHDISK/ FLASHDRIVE bebas aktivitas beberapa saat kemudian baru bisa dilakukan proses pencabutan sesuai dengan prosedur yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Skema proses pencabutan FLASHDISK/ FLASHDRIVE

FLASHDISK/ FLASHDRIVE BEBAS AKTIVITAS ===> EJECT FLASHDISK/ FLASHDRIVE MELALUI SOFTWARE  ===> CABUT FLASHDISK/ FLASHDRIVE

2. FORMAT FLASHDISK/ FLASHDRIVE DENGAN BENAR

Ketika akan melakukan pem-formatan pasti muncul pilihan jenis filesystem yang akan digunakan FLASHDISK/ FLASHDRIVE. Pilih file system FAT32 jika besar memori FLASHDISK/ FLASHDRIVE Anda kurang dari sama dengan 2GB (<= 2GB). Pilih file system NTFS jika memori FLASHDISK/ FLASHDRIVE Anda lebih dari sama dengan 4GB (>=4GB).  Pilih exFAT jika memori FLASHDISK/ FLASHDRIVE Anda lebih dari sama dengan 32GB (>=32GB).

3. HINDARI SERINGNYA MEMFORMAT FLASHDISK/ FLASHDRIVE

Cara paling mudah dalam menyelesaikan masalah (Ex. Menghilangkan Virus, Lemot, etc) FLASHDISK/ FLASHDRIVE adalah memformatnya. Anda tidak menyadari bahwa jika sering memformat FLASHDISK/ FLASHDRIVE maka umur FLASHDISK/ FLASHDRIVE Anda akan semakin berkurang. 

4. JAUHKAN FLASHDISK/ FLASHDRIVE DARI MEDAN MAGNET

Tidak hanya obat yang memerlukan cara penyimpanan yang baik dan benar, FLASHDISK/ FLASHDRIVE juga memerlukannya. Simpan/ taruh FLASHDISK/ FLASHDRIVE di daerah kering, bebas dari daerah panas yang tinggi dan bebas dari medan magnet.

5. BIASAKAN MENUTUP FLASHDISK/ FLASHDRIVE SETELAH DIGUNAKAN

FLASHDISK/ FLASHDRIVE akan berkarat dan terjadi konsleting jika banyak debu yang masuk ke dalam komponennya. Oleh karena itu selalu tutup FLASHDISK/ FLASHDRIVE jika sehabis digunakan. Lokasi peyimpanan FLASHDISK/ FLASHDRIVE juga salah satu yang mempengaruhi jumlah debu yang masuk ke FLASHDISK/ FLASHDRIVE. 

6. TANCAPAN FLASHDISK/ FLASHDRIVE KETIKA PC/ LAPTOP MENYALA SEMPURNA

Sering saya jumpai orang-orang (mungkin termasuk Anda), memasukkan FLASHDISK/ FLASHDRIVE di saat PC/LAPTOP off (belum menyala) dan belum menyala sempurna. Mulai detik ini juga, jangan melakukan hal tersebut lagi. FLASHDISK/ FLASHDRIVE Anda bisa lebih cepat rusak dari usia FLASHDISK/ FLASHDRIVE Anda yang seharusnya. Kenapa? Dalam keadaan PC/LAPTOP belum menyala dan belum menyala sempurna, arus listrik yang masuk belum stabil. Ketidakstabilan arus listrik ini yang bisa menyebabkan kerusakan pada FLASHDISK/ FLASHDRIVE Anda. 

7. CABUT FLASHDISK/ FLASHDRIVE KETIKA TIDAK DIGUNAKAN


Meski tidak digunakan, FLASHDISK/ FLASHDRIVE yang masih tertancap pada PC/LAPTOP masih tetap mendapatkan arus listrik. Proses penerimaan arus listrik yang terlalu lama dapat mengakibatkan FLASHDISK/ FLASHDRIVE panas. Hal tersebut juga salah satu yang mempengaruhi usia FLASHDISK/ FLASHDRIVE Anda. Segera lakukan pencabutan setelah FLASHDISK/ FLASHDRIVE tidak digunakan.

8. JANGAN DEFRAG FLASHDISK/ FLASHDRIVE

Proses-Defrag memang membuat file lebih rapi dan isi file lebih cepat terbaca. Tapi hal tersebut hanya berlaku pada HARDDISK PC/LAPTOP saja, tidak berlaku pada FLASHDISK/ FLASHDRIVE. Proses defrag malah membuat usia FLASHDISK/ FLASHDRIVE lebih cepat berkurang dari usia yang seharusnya. 

Tahukah Anda? Usia rata-rata FLASHDISK/ FLASHDRIVE adalah 10.000-100.000 proses read dan write. 

Categories:

1 komentar:

Komentar akan OTOMATIS DIHAPUS jika memberikan komentar mengandung iklan, link aktif, dan perkataan yang tidak sopan. Terima Kasih ^_^