SOLUTION WINDOWS 8 FREQUNETLY HANG / FREEZE WITHOUT A CAUSE


SOLUSI WINDOWS 8 SERING HANG/ FREEZEWindows 8 merupakan sistem operasi (Operating System/OS) yang dikeluarkan oleh microsoft pada tanggal 26 Oktober 2012. Saya penasaran dengan sistem operasi keluaran terbaru microsoft ini. Akhirnya saya pun beralih ke windows 8 dengan versi trial/ evaluationnya. Setelah beberapa hari, saya menemui sesuatu yang ganjil pada sistem operasi ini.


Laptop saya sering mengalami hang/ freeze yang tidak jelas penyebabnya. Tiba-tiba langsung hang/ freeze ketika sedang membuka beberapa aplikasi yaitu MS Office dan IE Browser. Setelah kesana-kemari mencari-cari informasi penyebab munculnya kejadian ini, saya pun meyimpulkan bahwa sistem operasi windows 8 masih memiliki banyak kekuarangan salah satunya sering terjadinya hang/ freeze pada komputer/ laptop dengan spesifikasi tertentu, salah satunya ASUS K40IE. Akhirnya saya pun kembali ke windows 7, saya khawatir terjadinya kerusakan hardware kalau tetap memaksakan menggunakan windows 8. Berdasarkan pengetahuan yang saya dapatkan, ketika laptop sering hang/ frezee dan dimatikan secara paksa (menekan tombol off atau mencabut baterei) maka akan menyebabkan kerusakan pada harddisk.

Buat sobat blogger yang mempunyai nasib sama, saya mempunyai sedikit solusi untuk menyelesaikan permasalahan di atas, cara ini saya dapatkan dari forum komputer sebelah. Jujur, saya belum sempat mencoba dan mempraktekan solusi ini, karena sudah terlanjur menggunakan windows 7 lagi. Semoga solusi ini bisa membantu permasalahan sobat blogger.

SOLUSI WINDOWS 8 SERING HANG/ FREEZE

Solusi Windows 8 Yang Sering Hang/Freeze Tanpa Sebab Jelas
Klo agan dapati Windows 8 agan sering tiba2 crash/hang tanpa alasan jelas, berarti agan tidak sendirian,.. ini beberapa pendekatan yg ane rangkum yg mungkin bisa jadi solusi hang-nya PC agan.

Di Win8 beta, min. ada 6 penyebab utama yg menyebabkan Windows 8 sering hang:

Driver VGA/video
Update driver graphics agan dgn yg terbaru yg support Win8 dari Device Manager. Agan bisa tes dgn dua 'versi' driver VGA agan yg support Win8. Komplenter-kan satu sama lain. 'versi' pertama yaitu driver terbaru yg disediakan di website produsen chipset agan:
dan 'versi' kedua driver yg ada dlm DVD/CD paket PC/laptop dan/atau driver VGA standar built-in Win8.

Dynamic Tick Processor
Teorinya, processor2 PC umumnya dilengkapi fitur Dynamic Tick yg logika fungsinya mirip dgn jam — berdetik tiap2 beberapa rate. Ketukan2 (tick) itu kemudian diteruskan ke Windows utk melakukan beberapa task2 tertentu. Sayangnya, ketukan (tick) tsb secara konstan tetap bekerja dan mengirim interupt yg memaksa Windows (OS) menghabiskan time rate dan power processor, bahkan biarpun PC dlm keadaan idle.

Solusi:
Buka command prompt (Run as Administrator), ketik cmd berikut dan restart:

Power Setting CPU (rata2 chipset Intel)

Problem ini paling sering dijumpai pada chipset2 VGA Intel, PC hang sewaktu masuk dlm mode Power Saving.

Solusi: Coba disable-kan setting C-State atau EIST (Enhanced Intel SpeedStep® Technology) dalam setting BIOS (jika ada). Setting ini ada dlm BIOS atau uEFI PC agan biasanya di bagian 'Performance' atau 'Power Management' atau yg semiripnya. Baca juga ttg hubungan error kompatibilitas CPU dgn setting NX/XD di BIOS agan.

Agan bisa pakai program ThrottleStop utk mengecek jika BIOS/uEFI agan menyediakan fitur ini apa tidak dan enable/tidaknya (Intel only!).

Trik 1: Buat Yang Nda' Punya Enable/Disable Setting C State di BIOS-nya:
Masuk ke setting advanced 'Power Plan' (Control Panel -> Power Plan -> pilih Power plan agan dan klik "Change plan setting" -> Change advanced power plan settings -> tab "Processor Power Management") dan atur 2 opsi ini:
Trik 2: Cara Disable Fitur EIST Tanpa Harus Masuk Ke BIOS:
  1. Masuk ke folder "C:\Windows\System32\drivers".
  2. Cari, backup dan rename file "intelppm.sys" jadi nama apa saja, mis. "sop-konro.sys". Untuk bisa rename file ini agan mesti punya hak akses Full Control, silakan Googling ttg caranya diluar.
  3. Restart.
  4. Klik kanan 'Computer', pilih Properties. Cek status processor speed (GHz) agan.
Browser (mis. Google Chrome)
Buat agan yg menggunakan WRP di mobo Intel dan sering mengalami hang/freeze tiba2, coba solusi ini:
  1. Buka Desktop WRP.
  2. Pencet Win+C (Charm bar) atau Win+I (utk langsung masuk Settings).
  3. Settings.
  4. Control Panel.
  5. Program and Features
  6. Turn Windows Features on or off
  7. Centang "Hyper-V" (termasuk sub-komponen2 fiturnya, biarpun agan tdk rencana mau bikin virtual machine).
  8. Restart (Windows akan restart 2x utk konfigurasi system scr komplit).

NB:
  1. Klo sebelumnya agan pakai app2 virtual seperti VMWare atau VirtualBox (dgn VM 64bit-nya saja), disarankan utk mengconvert VM app2 VMWare/VirtualBox agan menjadi Hyper-V, dan mengimport-nya via Hyper-V Manager. Ini krn Hypervisor tidak mengijinkan VT-x extension lainnya (termasuk yg di root OS agan) jalan dlm virtual-environment-nya, alhasil app2 virtualisasi agan tidak bekerja scr efektif.
  2. Jika solusi enable Hyper-V diatas tidak berhasil, coba enable-kan dulu setting "virtualisation extensions (VT-x)" di BIOS/uEFI agan. Utk ngecek apa Hypervisor sdh aktif atau belum setelah restart agan bisa lihat hasil log entry 'Hypervisor successfully started' dlm System Event Viewer ada/tidak.

Cara enable Hiper-V diatas intinya akan menjadikan root OS agan (yg agan pakai) bekerja diatas level Hypervisor, yg artinya divirtualisasi. Cara ini tidak sama seperti pada Virtual Machine, krn OS agan tetap punya akses ke hardware scr langsung seperti graphic card buat gaming, dll.
Btw, agan juga bisa menggunakan browser alternatif seperti Firefox atau IE sbg ganti Chrome yg sering dilaporkan menyebabkan WRP crash/hang.

Tipe Instalasi (Upgrade atau Clean Install)
Sebaiknya agan instal Win8 via "Clean" instal, dan hindari "Upgrade". Upgrade installation sering lebih bermasalah dibanding clean install.
Klo sdh terlanjur instal 'Upgrade' dan PC agan sering hang:
  1. Backup data2 agan.
  2. Format HDD (tdk perlu hapus bersih utk menghindari problem krn swapping HDD)
  3. Instal "Clean" Win8 agan, biarkan Windows Update menginstalkan driver2 agan scr otomatis.

Antivirus AVG (& beberapa antivirus)
Beberapa antivirus (apalagi yg belum support Win8) diindikasikan sering menjadi penyebab hang-nya PC Win8, bahkan setelah diuninstall. Solusi: Pakai Windows Defender bawaan Microsoft.

Categories: , ,

6 komentar

jos gandos mas---matur tengkyu...
soale win 8 pro punyaku tiap hari nge-hang beberapa kali--ampe stress

Semoga masalahnya teratasi, mas :)

Matur tenxkyu

Komentar akan OTOMATIS DIHAPUS jika memberikan komentar mengandung iklan, link aktif, dan perkataan yang tidak sopan. Terima Kasih ^_^