SAFE FOR WOMAN TO RIDE ALONE IN TAXI


TIPS AMAN NAIK TAKSI SENDIRIAN UNTUK PEREMPUAN  - Taksi kadang jadi pilihan banyak wanita yang tidak ingin repot naik turun angkutan umum saat traveling. Tapi sebaiknya Anda berhati-hati jika naik taksi sendirian di berbagai tempat. Ikuti 6 tips berikut.

1. Pesan taksi saja
Untuk memastikan taksi yang Anda naiki aman, sebaiknya pesan taksi dari operator langsung. Jangan menyetop taksi di tengah jalan, atau taksi yang sedang mengetem di pinggir jalan.

Dengan memesan langsung, secara otomatis keamanan taksi dan supir yang menjemput Anda di bawah pengawasan langsung operator. Traveler pun lebih aman ketika bepergian.

2. Minta nomor dan nama supir taksi yang akan menjemput
Setelah memesan, hal lain yang sebaiknya Anda lakukan demi keamanan adalah meminta nomor dan nama supir taksi. Ini digunakan untuk memastikan apakah taksi yang datang sesuai dengan nama yang informasikan petugas resmi. Jika berbeda, minta konfirmasi dengan menelepon kembali petugas resmi.

3. Duduk tepat di belakang supir
Setelah berada di dalam taksi, pilih duduk tepat di bangku belakang supir. Jangan duduk di posisi yang menyerong dengan supir. Ini dimaksudkan agar supir taksi tidak bisa melihat gerak-gerik Anda.

Jika duduk menyerong, supir bisa melihat apa yang Anda lakukan dari kaca spion depan. Dengan melihat gerak-gerik, supir jahil bisa saja melakukan rencana jahat.

4. Jika ada hal yang tidak mengenakkan, langsung lapor ke petugas resmi
Jika di tengah perjalanan Anda merasa ada pelayanan taksi yang tidak menyenangkan, atau membahayakan, jangan ragu untuk lapor ke kantor pusat taksi tersebut. Laporkan nomor taksi, nama supir dan keluhan Anda. Ini baik untuk perbaikan layanan, dan agar traveler lain tidak mengalami hal serupa.

5. Jangan memakai barang berharga
Jika traveling sendirian dan ingin tetap aman, tentu Anda harus menghindari menggunakan perhiasan mencolok. Gunakan saja perhiasan sewajarnya. Ini untuk menghindari orang berbuat jahat karena terpancing perhiasan yang Anda gunakan.

6. Catat nomor taksi dan nama sopir
Tips terakhir ini paling klasik, paling sering disebut-sebut, tapi paling efektif. Mencatat nomor pintu taksi dan nama sopir tidak hanya menyelamatkan penumpung secara umum, tapi juga khususnya wanita.

Banyak kasus kejahatan terhadap perempuan di taksi, bisa diungkap polisi karena penumpang perempuan itu mencatatat nomor taksi dan nama sopir. Selain itu, jika terjadi kehilangan barang, traveler wanita yang pergi sendirian bisa segera melacak keberadaan barang yang hilang dengan memberi informasi nomor taksi dan nama sopir ke pihak operator taksi.


Sumber: detik[dot] com
Categories: ,

1 komentar:

Komentar akan OTOMATIS DIHAPUS jika memberikan komentar mengandung iklan, link aktif, dan perkataan yang tidak sopan. Terima Kasih ^_^