WHAT IS HIBERNATE?

HIBERNATE - Apa sih hibernate itu? Fungsinya buat apa? Mungkin, bagi para sobat blogger yang baru mendengar istilah hibernate maka akan terlintas pertanyaan seperti itu.

Biar lebih paham dan tidak hanya tahu, silakan praktekkan instruksi ini. Bagi sobat blogger yang menggunakan windows 7 ke bawah (red-windows vista, windows xp etc), bisa langsung mempraktekkanya, namun bagi yang menggunakan windows 8 (default/normal) silakan aktifkan dahulu fitur hibernate-nya. Sobat blogger pengguna windows 8 bisa mempraktekkannya proses hibernate setelah fiturnya diaktifkan. Untuk cara pengaktifannya hibernate di windows 8 silakan klik disini.

HIBERNATE

PERTAMA
Sobat blogger coba buka salah satu program, tetapi jangan di close (ditutup). Kemudian minimize program tersebut. Sekarang jalakan cara untuk mematikan (shut down) computer/ laptop NAMUN jangan dipilih shut down. Untuk mematikan (shut down) computer/ laptop, sobat blogger bisa dengan menekan tombol pada keyboard ALT dan F4 secara bersamaan. Sebuah kotak pilihan akan muncul. Kemudian pada saat mau memilih pilihan mematikan (shut down), pilih pada pilihan hibernate. Nah sekarang computer/ laptop Anda sedang menjalankan proses seperti saat shut down.

KEDUA
Hidupkan kembali computer/ laptop Anda. Perhatikan pada program yang telah Anda buka tadi. Masih ada bukan?

Berdasarkan hasil praktek di atas maka bisa ditarik pengertian terkait HIBERNATE.
HIBERNATE



HIBERNATE adalah salah satu fitur shut down pada system operasi [operating system (OS)] windows ( windows 8, windows 7, windows XP etc) yang FUNGSINYA menyimpan data/ program yang sedang/telah dibuka/ dikerjakan saat computer/ laptop dioperasikan (hidup/ ON) sehingga data/ program tersebut siap langsung dipergunakan kembali setelah computer/ laptop dihidupkan. (fsetiyawan)

Jadi fungsi hibernate adalah mengembalikan/memanggil semua kegiatan/ membuka semua program yang telah kita pergunakan saat computer/laptop hidup.

"Hibernation in computing is powering down a computer while retaining its state. Upon hibernation, the computer saves the contents of its random access memory (RAM) to a hard disk or other non-volatile storage. Upon resumption, the computer is exactly as it was upon entering hibernation. When used to save power, hibernation is similar to sleep mode and saves more power at the cost of slower resumption. (Wikipedia) "

KELEBIHAN dari penggunakan fitur ini adalah:
Jika dalam keadaan yang terburu-buru dan sedang melakukan/membuka banyak kegiatan/ program dan ingin melanjutkan/ menggunakan kembali di waktu yang berbeda maka akan lebih menghemat waktu dan praktis dari pada menyimpan satu per satu program yang telah dibuka/dikerjakan sebelumnya. Belum waktu yang dikeluarkan untuk menutup satu per satu program yang telah dibuka/dikerjakan sebelumnya. Jadi saat menghidupkan computer/ laptop, semua kegiatan/ program/ data yang kita buka/ kerjakan seblumnya langsung otomotis terbuka. (Pengalaman pribadi)


KERUGIAN dari penggunakan fitur ini adalah:
Tidak baik untuk computer/komputer yang terlalu sering menggunakan fitur hibernate ini karena sangat membebankan kinerja hardisk, baik saat mematikan dan menghidupkannya.
Tidak direkomendasikan buat computer/ laptop dengan spesifikasi hardisk dengan kualitas produk rendah. Fitur ini akan mempercepat umur hardisk. Banyak teman yang mengalami kerusakan hardisk karena teralu sering menggunakan fitur ini. (Pengalaman teman)
Adanya waktu proses start up dan shut down yang lebih lama disbanding dengan penggunaan fitur shut down.


SARAN dari penggunakan fitur ini adalah:
Pergunakanlah dengan bijak fitur ini, gunakan saat benar-benar kepepet dan dibutuhkan. Jangan dijadikan kebiasaan mematikan computer/ laptop. Ingat kembali fungsi fitur ini, hanya digunakan untuk sesuatu yang sementara dan kadang kala jangan dipergunakan menggantikan fitur shut down. Masing-masing fitur telah memiliki fungsi masing-masing, jadi pergunakan semua fitur pada fungsinya.

Terus apa bedanya dengan fitur Sleep? Bagi yang kritis pasti ada pertanyaan kelanjutan seperti itu.

Untuk pembahasan terkait fitur Sleep / stand by akan dibahas dilain kesempatan. Doakan buat penulis semoga diberikan kelancaran penelitiannya, selalu diberikan kesehatan dan semangat untuk berbagi informasi bermanfaat untuk sobat blogger.

“Sebaik-baik orang di dunia adalah, orang yang memberikan manfaat untuk sesamanya. Baik manfaat dalam bentuk ilmu pengetahuan/ wawasan ataupun material”


Categories:

2 komentar

Komentar akan OTOMATIS DIHAPUS jika memberikan komentar mengandung iklan, link aktif, dan perkataan yang tidak sopan. Terima Kasih ^_^