KETAHUI KONDISI TUBUH DARI LETAK MUNCULMYA JERAWAT - Jerawat bisa muncul karena berbagai sebab, mulai dari faktor kebersihan, konsumsi makanan hingga karena hormon. Ternyata lokasi jerawat di wajah atau tubuh bisa menggambarkan kondisi kesehatan seseorang.

Penampilan dan lokasi munculnya jerawat sering menggambarkan penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, maka pengobatannya juga dapat dilakukan dengan tepat. Namun secara garis besar, tindakan untuk mengatasi jerawat bisa dengan membersihkan badan secara rutin, minum banyak air dan pola makan sehat.

Seperti dilansir Body and Soul, Selasa (26/2/2013), berikut adalah panduan untuk mengetahui kondisi tubuh dari letak jerawat.

1. Pipi
Munculnya jerawat di pipi menandakan adanya intoleransi makanan seperti susu. Untuk memastikannya, hindari susu, keju, yoghurt, krim, mentega, coklat dan makanan olahan yang mengandung protein susu selama sebulan untuk melihat apakah ada perbaikan.

Untuk mengganti nutrisi yang dipasok dari susu, pastikan tubuh cukup mengkonsumsi protein dan kalsium dari sumber lain seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, tahu, sayuran berdaun hijau dan ikan seperti sarden dan salmon.

2. Sekitar rahang, dada, punggung dan bahu
Jerawat pada bagian ini kemungkinan besar dipicu oleh hormon. Butuh waktu yang relatif lama untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon, biasanya mulai dari 4 - 6 minggu. Makanan yang mengandung seng dan vitamin B6 dapat membantu untuk menyeimbangkan hormon.

3. Dagu
Apabila jerawat muncul di bagian dagu, artinya ada gangguan pencernaan atau sembelit. Coba atasi dengan minum banyak air, berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi suplemen kaya serat.

4. Sekelompok jerawat dikelilingi warna kemerahan
Jika muncul jerawat yang seperti ini, dapat menandakan adanya infeksi lokal tepat di bawah kulit. Untuk mengatasinya, kurangi asupan gula. Untuk meredam keinginan memakan makanan manis, minumlah suplemen untuk meningkatkan metabolisme gula.


Sumber: detik [dot] com
Categories:

Komentar akan OTOMATIS DIHAPUS jika memberikan komentar mengandung iklan, link aktif, dan perkataan yang tidak sopan. Terima Kasih ^_^